Google Rancang "Pembebasan" Aplikasi Chrome

Kompas.com - 25/11/2013, 15:05 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Aplikasi-aplikasi berbasis Chrome sangat bergantung dengan aplikasi browser dan koneksi internet alias baru bisa digunakan jika sedang online. Aplikasi Chrome yang "terkurung" ini tak lama lagi akan dibebaskan oleh Google.

Tim Chromium Google dikabarkan sedang mengerjakan proyek Integrated Development Environment (IDE), yang dikembangkan dari aplikasi berbasis Chrome.

Aplikasi berbasis environment Chrome itu disebut Spark. Aplikasi ini bisa dijalankan di luar browser, bekerja secara offline, dan bisa mengakses beberapa API yang tidak tersedia di aplikasi web.

Aplikasi Chrome tersebut ditulis dengan bahasa HTML, JavaScript, dan CSS.

Menurut Evangelist Google Francois Beaufort, seperti dikutip dari The Next Web, Senin (25/11/20130), aplikasi tersebut dikembangkan dengan bahasa baru yang disebut Dart. Sementara antarmuka widget-nya didukung oleh Polymer.

Dart dikembangkan Google untuk menggantikan JavaScript. Sementara Polymer dibuat di atas Web Components, dan didesain untuk meningkatkan evolusi platform web di browser modern.

Sebelumnya, Google telah meluncurkan Chrome Apps Developer Tool secara terpisah dan Dart SDK 1.0. Belum jelas apakah Google akan benar-benar mendukung Chrome App dan meng-update secara reguler, atau hanya sebagai contoh akan bagaimana teknologi yang diciptakannya itu bisa digunakan.

Sementara itu, Google mulai mengembangkan aplikasi yang berbasis tablet. Di Play Store, Google menandai aplikasi mana saja yang didesain khusus untuk tablet.

Jika Anda mengunjungi Play Store terbaru, maka di sana terdapat tanda "Designed for tablets." Sementara aplikasi yang belum dioptimalkan untuk tablet akan ditandai dengan "Designed for phones."

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X