Kompas.com - 26/11/2013, 14:54 WIB
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm) IntelProsesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tahun depan, persaingan tablet Android akan dipanaskan oleh kehadiran chip Atom "Bay Trail" 64-bit dari Intel.

Menurut keterangan general manager Intel Hermann Eul yang berbicara dengan para investor minggu lalu, pabrikan mikroprosesor tersebut sedang "memutar otak" alias mengembangkan hardware yang bisa menjalankan Android versi 4.4 (Kitkat).

"Bukan cuma Windows 64-bit, kami juga berbicara soal Android," ujar Eul, seperti dikutip oleh Cnet. Intel turut menunjukkan kernel 64-bit yang berjalan di perangkat Bay Trail dengan OS Android.

Prosesor Atom Bay Trail sendiri sebenarnya sudah mendukung instruksi 64-bit sejak awal, tapi sejauh ini belum ada sistem operasi yang mampu memanfaatkan hal tersebut.

Beberapa perangkat tablet Bay Trail dari Lenovo, Hewlett Packard, Acer, dan Dell yang beredar sekarang menjalankan sistem operasi Windows 8.1 dalam mode 32-bit. Versi 64-bit Windows 8.1 untuk tablet Bay Trail baru akan tersedia kuartal mendatang.

Adapun OS Android yang beredar di smartphone dan tablet saat ini baru memiliki kapabilitas 32-bit.

Peralihan ke instruksi 64-bit membawa sejumlah keuntungan, seperti dukungan jumlah memori lebih dari 4 GB. Platform 64-bit juga mampu memproses data berjumlah besar dengan lebih efisien dibanding sistem 32-bit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jargon "64-bit" santer terdengar di dunia gadget semenjak Apple meluncurkan iPhone 5S September lalu. Sejauh ini, baru produsen berlambang buah apel tergigit itu yang mampu menghadirkan perangkat 64-bit berikut sistem operasi (iOS7) yang mendukung penggunaannya secara penuh.

Di samping Intel, produsen chip lain yang juga telah menyatakan bakal membuat prosesor 64-bit adalah Samsung, Nvidia, dan MediaTek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.