Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Intel Ingin Android Kitkat dan 64-bit

Kompas.com - 26/11/2013, 14:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Tahun depan, persaingan tablet Android akan dipanaskan oleh kehadiran chip Atom "Bay Trail" 64-bit dari Intel.

Menurut keterangan general manager Intel Hermann Eul yang berbicara dengan para investor minggu lalu, pabrikan mikroprosesor tersebut sedang "memutar otak" alias mengembangkan hardware yang bisa menjalankan Android versi 4.4 (Kitkat).

"Bukan cuma Windows 64-bit, kami juga berbicara soal Android," ujar Eul, seperti dikutip oleh Cnet. Intel turut menunjukkan kernel 64-bit yang berjalan di perangkat Bay Trail dengan OS Android.

Prosesor Atom Bay Trail sendiri sebenarnya sudah mendukung instruksi 64-bit sejak awal, tapi sejauh ini belum ada sistem operasi yang mampu memanfaatkan hal tersebut.

Beberapa perangkat tablet Bay Trail dari Lenovo, Hewlett Packard, Acer, dan Dell yang beredar sekarang menjalankan sistem operasi Windows 8.1 dalam mode 32-bit. Versi 64-bit Windows 8.1 untuk tablet Bay Trail baru akan tersedia kuartal mendatang.

Adapun OS Android yang beredar di smartphone dan tablet saat ini baru memiliki kapabilitas 32-bit.

Peralihan ke instruksi 64-bit membawa sejumlah keuntungan, seperti dukungan jumlah memori lebih dari 4 GB. Platform 64-bit juga mampu memproses data berjumlah besar dengan lebih efisien dibanding sistem 32-bit.

Jargon "64-bit" santer terdengar di dunia gadget semenjak Apple meluncurkan iPhone 5S September lalu. Sejauh ini, baru produsen berlambang buah apel tergigit itu yang mampu menghadirkan perangkat 64-bit berikut sistem operasi (iOS7) yang mendukung penggunaannya secara penuh.

Di samping Intel, produsen chip lain yang juga telah menyatakan bakal membuat prosesor 64-bit adalah Samsung, Nvidia, dan MediaTek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com