Kompas.com - 27/11/2013, 11:35 WIB
Jam tangan pintar Qualcomm Toq duduk di atas perangkat charger wireless pendampingnya QualcommJam tangan pintar Qualcomm Toq duduk di atas perangkat charger wireless pendampingnya
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Wearable gadget sedang menjadi sorotan produsen-produsen gadget dunia. Tak lama setelah Samsung meluncurkan smartwatch Galaxy Gear, banyak yang meramal versi murah buatan vendor Cina bakal mengikutinya.

Kini ZTE, salah satu vendor gadget asal China, menyatakan ketertarikannya untuk membuat jam tangan pintar. Hal tersebut diungkapkan oleh Lu Qianho, Head of Handset Marketing Strategy, ZTE Corp.

Lu mengatakan kepada The Wall Street Journal pada Senin (25/11/2013) bahwa smartwatch buatan ZTE bakal menawarkan teknologi dan tampilan yang mirip dengan Galaxy Gear, namun dengan banderol harga yang terjangkau.

"Fokus kami memang pada pasar mainstream," ujar Lu.

Bisa jadi ini adalah strategi ZTE saat melihat permintaan smartphone di China mulai menurun. Pangsa pasar ZTE pun kini juga ikut berkurang.

Data yang dirilis firma Canalys mengungkap ZTE adalah produsen smartphone terbesar ke tujuh berdasar jumlah pengapalan di Cina. Pangsa pasarnya kini turun dari 10 persen tahun lalu menjadi 5 persen.

"Di pasar China, ZTE tidak memiliki keunggulan, karena konsumen tidak begitu mengenalnya seperti mereka mengenal Lenovo," ujar analis Canalyst, Nicole Peng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lu berharap dengan memproduksi smartwatch, smartphone ZTE akan menarik banyak perhatian konsumen. Smartwatch ZTE tersebut rencananya akan dipamerkan pertama kali pada kuartal pertama 2014 dan mulai dipasarkan pada kuartal kedua.

Lu mengatakan bahwa fokus penjualan ZTE baru di China, namun tidak menutup kemungkinan merambah ke pasar Amerika Serikat dan Eropa. Smartwatch keluaran ZTE yang belum memiliki nama resmi ini hanya akan kompatibel dengan smartphone ZTE. Namun ZTE juga merencanakan akan membuat smartwatch yang bisa terhubung dengan semua smartphone Android.

ZTE bukanlah vendor China pertama yang membuat smartwatch. Sebelumnya pada September lalu, Coolpad, vendor smartphone besar lain di China, telah meluncurkan smartwatch tahan air yang diberi nama cWatch.

Dengan semakin banyaknya vendor China yang memproduksi wearable gadget, Canalyst meramalkan pasar ini akan semakin ramai dengan model yang terjangkau, sama seperti yang terjadi di pasar smartphone.

Canalyst memprediksi pengiriman smartwatch di seluruh dunia akan mencapai lima juta unit tahun depan, meningkat sepuluh kali dari prediksi 500.000 unit tahun ini. Analisa Canalyst ini berdasar bahwa pada akhir 2014, Apple, Google, dan Microsoft akan meluncurkan smartwatch masing-masing, selain Samsung, Sony, dan Pebble.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.