Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Hanya Ingin Dua "Jendela"

Kompas.com - 27/11/2013, 14:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com — Microsoft memiliki tiga jenis sistem operasi Windows. Perusahaan yang baru saja mengakuisisi Nokia ini kemudian berencana memangkasnya menjadi dua versi saja, untuk PC dan mobile. Lalu versi mana yang akan dikorbankan Windows?

Saat ini, Microsoft memiliki sistem operasi Windows untuk perangkat PC dan tablet berbasis prosesor Intel. Lalu, ada Windows RT untuk PC dan tablet yang berbasis prosesor ARM. Terakhir, terdapat Windows Phone untuk smartphone Windows.

Diberitakan oleh Cnet, Selasa (26/11/2013), pada ajang UBS Global Technology Conference, Executive Vice President of Devices and Studios Microsoft Julie Larson-Green mengatakan bahwa Microsoft sedang berencana mengurangi jumlah varian Windows tersebut.

Sebelumnya, pada awal tahun ini, narasumber Microsoft juga telah mengatakan bahwa Microsoft hanya akan memiliki dua varian Windows, dan kemungkinan hal tersebut baru terwujud pada pertengahan 2015 nanti.

Larson Green mengatakan, "Saat ini kami memiliki Windows Phone, Windows RT, dan full Windows, dan kami berencana untuk tidak memiliki tiga varian sistem operasi."

Microsoft bukan hanya ingin membuat sistem operasi mobile yang tidak boros baterai dan aman, tetapi juga fleksibel. "Kami percaya arah dan tujuan kami sudah benar, dan akan meneruskannya," ujar Larson Green.

Diakui oleh Larson Green, Windows RT adalah sistem operasi Microsoft yang dikembangkan dalam ekosistem tertutup, mirip dengan iOS milik Apple. Karena itu, Windows RT tidak fleksibel. Inikah yang akan dikorbankan Microsoft?

"Saya rasa kami belum melakukan diferensiasi dengan baik, misalnya Surface RT dan Pro yang terlihat mirip, tetapi kemampuannya juga belum bisa menyamai Windows. Jadi, ada wacana untuk melakukan rebranding. Kami seharusnya tidak menyebutnya dengan Windows," terang Larson Green.

Pada Oktober lalu, Cnet juga memberitakan bahwa Microsoft sedang memikirkan membuat OS "hibrida" yang menggabungkan OS Windows RT dan Windows Phone. Sumber di Microsoft mengatakan bahwa Windows Phone OS akan dijadikan sebagai landasan membuat OS baru ini, alih-alih Windows RT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com