Microsoft Ternyata Jual Rugi Xbox One

Kompas.com - 27/11/2013, 15:25 WIB
Konsol game Xbox One MicrosoftKonsol game Xbox One
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Meskipun sudah dibanderol dengan harga yang tinggi, Microsoft ternyata  merugi setiap menjual satu unit Xbox One.

Menurut hitung-hitungan dari IHS iSuppli, Microsoft harus mengeluarkan uang sebesar 471 dollar AS untuk memproduksi satu paket penjualan Xbox One, yang terdiri dari konsol tersebut,  Kinect, dan juga controller.

Apabila ditambah dengan biaya marketing dan distribusi ke toko-toko, kemungkinan besar Microsoft merugi setiap menjual satu Xbox One yang dibanderolnya dengan harga 499 dollar AS itu.

Seperti dikutip dari Extreme Tech, Rabu (27/11/2013), biaya produksi Xbox One sebagian besar dicurahkan ke komponen penting konsol, seperti prosesor dan RAM. Microsoft harus mengeluarkan 110 dollar AS untuk prosesor AMD, 60 dollar AS untuk RAM 8 GB buatan SK Hynix, dan 75 dollar AS untuk Kinect.

Total biaya produksi untuk Kinect sendiri mencapai 332 dollar AS, belum termasuk Kinect, controller, adaptor daya, dan headset.

Sementara, untuk PlayStation (PS) 4, iSuppli memperkirakan, Sony harus membayar 100 dollar AS untuk prosesor AMD, 88 dollar AS untuk RAM GDDR5, 37 dollar AS untuk hard disk, 18 dollar AS untuk controller, dan komponen-komponen lain yang mencapai biaya hingga 381 dollar AS.

Dari rincian biaya produksi dua konsol tersebut, dapat dilihat bahwa Sony dan Microsoft sebenarnya cukup merugi. Microsoft hanya mendapat margin sebesar 28 dollar AS (499 dollar AS dikurangi 471 dollar AS). Sedangkan, Sony hanya mendapat margin 18 dollar AS (399 dollar AS dikurangi 381 dollar AS).

Dengan ditambah biaya promosi dan potongan ke toko-toko penjual, kemungkinan besar margin tersebut semakin mengecil, bahkan minus.

Xbox One dan PS4 sendiri sudah hadir di pasaran negara-negara tertentu. Keduanya mendapat respon positif dari konsumen, terlihat dari besarnya total penjualan dalam satu hari penjualan perdananya. Keduanya diklaim laku terjual sebanyak 1 juta unit hanya dalam waktu 24 jam saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X