Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WD "Kawinkan" SSD 120 GB dan HDD 1 TB

Kompas.com - 27/11/2013, 16:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Western Digital (WD) mencoba menggabungkan dua teknnologi hard disk dalam satu unit. WD berharap produk ini menjadi solusi bagi konsumen yang bimbang dalam memilih hard disk yang cepat tapi mahal, atau hard disk mekanikal biasa tapi murah.

Hard disk yang diberi nama Black 2 ini menjadi perangkat storage pertama di dunia yang mengombinasikan SSD (solid state drive) dengan hard disk mekanikal. Dalam satu enclosure Black 2 terdapat SSD 2,5 inci berkapasitas 120 GB dan hard disk 1 TB.

Walau memiliki dua jenis penyimpanan dalam satu body, namun ternyata Black 2 tidak memerlukan kabel atau konektor kuhsus, cukup kabel SATA6 9,5 mm. Berbeda dengan hard disk hybrid lainnya, pengguna bisa melihat konten hard disk terpisah, karena berada di volume yang berbeda.

Menurut Senior Vice President WD, Matt Rutledge, seperti dikutip dari Digital Trends (26/11/2013), WD Black 2 dibuat agar konsumen bisa menikmati performa SSD yang kencang dan mengakses penyimpanan kapasitas besar dengan harga mudah.

"WD Black2 adalah hasil interaksi kami langsung dengan konsumen," terang Rutledge. Tim pengembang WD melakukan riset kepada konsumen dan pengamat teknologi, apa yang mereka harapkan dari produk-produk penyimpanan WD.

Rutledge menambahkan, WD Black 2 kompatibel dengan segala jenis sistem operasi, dari Windows XP hingga Windows 8.1. Harga WD Black 2 di Amerika Serikat berkisar 299 dollar AS (sekitar Rp 3,5 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com