WD "Kawinkan" SSD 120 GB dan HDD 1 TB

Kompas.com - 27/11/2013, 16:33 WIB
WD Black 2 menggabungkan dua teknologi hard disk, SSD dan HDD. WD Black 2 menggabungkan dua teknologi hard disk, SSD dan HDD.
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Western Digital (WD) mencoba menggabungkan dua teknnologi hard disk dalam satu unit. WD berharap produk ini menjadi solusi bagi konsumen yang bimbang dalam memilih hard disk yang cepat tapi mahal, atau hard disk mekanikal biasa tapi murah.

Hard disk yang diberi nama Black 2 ini menjadi perangkat storage pertama di dunia yang mengombinasikan SSD (solid state drive) dengan hard disk mekanikal. Dalam satu enclosure Black 2 terdapat SSD 2,5 inci berkapasitas 120 GB dan hard disk 1 TB.

Walau memiliki dua jenis penyimpanan dalam satu body, namun ternyata Black 2 tidak memerlukan kabel atau konektor kuhsus, cukup kabel SATA6 9,5 mm. Berbeda dengan hard disk hybrid lainnya, pengguna bisa melihat konten hard disk terpisah, karena berada di volume yang berbeda.

Menurut Senior Vice President WD, Matt Rutledge, seperti dikutip dari Digital Trends (26/11/2013), WD Black 2 dibuat agar konsumen bisa menikmati performa SSD yang kencang dan mengakses penyimpanan kapasitas besar dengan harga mudah.

"WD Black2 adalah hasil interaksi kami langsung dengan konsumen," terang Rutledge. Tim pengembang WD melakukan riset kepada konsumen dan pengamat teknologi, apa yang mereka harapkan dari produk-produk penyimpanan WD.

Rutledge menambahkan, WD Black 2 kompatibel dengan segala jenis sistem operasi, dari Windows XP hingga Windows 8.1. Harga WD Black 2 di Amerika Serikat berkisar 299 dollar AS (sekitar Rp 3,5 juta).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.