Smartphone Buatan Eks Karyawan Nokia Mulai Dipasarkan

Kompas.com - 28/11/2013, 11:05 WIB
Smartphone Jolla. Smartphone Jolla.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Smartphone buatan perusahaan rintisan (startup) milik mantan karyawan Nokia mulai dipasarkan. Jolla, demikian namanya, mulai dipasarkan di Finlandia hari ini, Kamis (28/11/2013), dan menyusul di negara-negara lain.

Jolla memanfaatkan platform MeeGo yang dikembangkan Nokia dan Intel beberapa tahun lalu, dan membuat sistem operasi smartphone berbasis Linux mereka sendiri yang diberi nama Sailfish.

Dikutip dari situs V3, smartphone Jolla memiliki spesifikasi kelas menengah. OS Sailfish dijalankan oleh prosesor dual-core Qualcomm 1,4 GHz, memori 1 GB, dan media simpan file sebesar 16 GB.

Jolla memiliki ukuran layar 4,5 inci resolusi 960 x 540 pixel. Materi layarnya berbahan in-plane switching (IPS) dengan teknologi anti-baret dari Gorilla 2 Glass.

Kamera utama yang disandang berukuran 8 megapixel dan kamera sekundernya 2 megapixel.

Pembeda utama Jolla adalah OS Sailfish yang mendukung antarmuka berbasis gestur. Antarmuka gestur tersebut dibangun untuk mendukung live multitasking. Terdapat wizard yang akan menuntun pengguna menginstal aplikasi, alih-alih bloatware preloaded seperti dalam Android.

Jolla juga menjanjikan update berkala untuk platform Sailfish, dan instalasinya bisa dilakukan secara over-the-air (OTA). Jolla juga mengintegrasikan teknologi peta dan lokasi milik Nokia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah aplikasi menjadi kendala utama bagi platform baru. Seperti yang dialami BlackBerry dengan BB10-nya. Namun, pengguna Jolla bisa mengunduh aplikasi Android dari toko aplikasi Yandex dan menjalankannya.

Hal itu dimungkinkan karena terdapat runtime Android dalam Jolla yang disediakan oleh Myriad Group AG.

Smartphone Jolla dibanderol 339 euro (atau sekitar 540 dollar AS) di Finlandia. Perusahaan juga mengklaim telah mendapat pesanan di 136 negara.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.