Kompas.com - 28/11/2013, 15:57 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Aplikasi CyanogenMod dikabarkan menghilang dari Play Store Android. Beberapa pengguna Android pun mengeluhkan tak lagi menemukan aplikasi tersebut. Ada apa gerangan?

Aplikasi CyanogenMod banyak digunakan untuk meningkatkan performa perangkat berbasis Android. CyanogenMod sendiri adalah komunitas pembuat firmware dan ROM custom, untuk beberapa perangkat Android.

Dalam pernyataan resmi di situs perusahaan, Kamis (28/11/2013), CyanogenMod menyebutkan Google menganggap aplikasi buatan CyanogenMod tersebut bisa membahayakan pengguna dan bisa menghilangkan jaminan garansi produk.

Sebelumnya, Google telah melayangkan pemberitahuan kepada CyanogenMod untuk menghapus aplikasi mereka dari Play Store, atau mereka terpaksa menghapusnya. Pihak CyanogenMod pun mematuhi saran Google tersebut dan sedang mencari solusi.

Aplikasi yang dikembangkan CyanogenMod memang bisa mengaktifkan ADB, tool debugging dan development yang menavigasi pengguna ke desktop installer. Aplikasi desktop ini kemudian melakukan instalasi CyanogenMod ke perangkat Android pengguna.

Namun diakui CyanogenMod, permintaan aplikasi mereka semakin banyak. Mereka menganggap CyanogenMod memberikan alternatif lain dalam menikmat dan menggunakan perangkat Android.

Untuk sementara, pengguna bisa mengunduh aplikasi CyanogenMod di situs mereka sendiri yang beralamat http://www.cyanogenmod.org, dan meng-install-nya ke perangkat Android mereka. Sebelumnya, pengguna harus mengaktifkan opsi memasang aplikasi dari "unknown source" di perangkat Android.

Selain di situsnya, CyanogenMod juga menaruh aplikasi mereka di toko aplikasi Amazon dan Samsung.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.