Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Bikin Chromebook Layar Sentuh

Kompas.com - 29/11/2013, 09:16 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber ZDNet
KOMPAS.com - Intel dan Google telah berjanji akan membuat laptop bersistem operasi Chrome yang memakai prosesor Intel generasi keempat, Haswell. Janji itu akhirnya dipenuhi dan diproduksi oleh produsen Acer asal Taiwan.

Acer meluncurkan laptop Chromebook dengan nama C720P, Rabu (27/11/2013), yang menggunakan prosesor jenis Intel Celeron 2955U. Ia memakai teknologi layar sentuh, namun harganya bisa dibilang terjangkau, yaitu 300 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

Chromebook C720P dibekali layar LED seluas 11,6 inci beresolusi 1.366 x 768 pixel. Layar sentuhnya mendukung navigasi cubit (pinch) untuk memperbesar atau memperkecil tampilan di layar.

Dengan prosesor generasi Haswell, Acer mengklaim Chromebook terbarunya bertahan hingga 7,5 jam. Spesifikasi lain yang dipakai adalah media penyimpanan data SSD 32GB, RAM 2GB, port HDMI, USB 2.0, dan USB 3.0.

Chromebook C720P akan tersedia pada awal Desember 2013 di pasar Amerika Serikat. Produk tersebut juga direncanakan hadir dalam model yang mendukung jaringan 4G LTE. Belum diketahui apakah produk ini akan masuk pasar Indonesia atau tidak.

Chrome merupakan sistem operasi terbuka yang dikembangkan oleh Googl sejak 2009. Versi stabilnya pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2010. Chrome dirancang untuk menjalankan aplikasi berbasis web dan cloud, karena itu dibutuhkan koneksi internet yang stabil agar pengguna bisa bekerja dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com