Kompas.com - 29/11/2013, 11:14 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pendapatan Facebook dilaporkan meningkat. Keuntungan perusahaan lebih tinggi dibanding kuartal-kuartal sebelumnya. Pengguna aktif Facebook juga berada di nilai tertinggi, baik bulanan, harian, maupun mobile.

Pendapatan Facebook diprediksi akan terus meningkat, bukan hanya karena menjelang musim liburan di Amerika Serikat (AS), melainkan juga jumlah pengiklan yang makin bertambah.

Diterangkan oleh Dan Levy, Director of Small Business Facebook, pada Juni tahun ini, Facebook telah memiliki 1 juta pengiklan. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pebisnis dari usaha kelas menengah (UKM) menjadi tulang punggung pendapatan iklan Facebook. Saat ini terdapat sekitar 25 juta halaman Facebook UKM yang aktif. Empat persen di antara perusahaan tersebut memanfaatkan Facebook untuk beriklan.

"Ada tambang emas menanti yang bisa digali," ujar analis Wedbush Securities, Michael Pachter, kepada Mashable, Sabtu (23/11/2013). Jutaan UKM tersebut tahu manfaat Facebook dan tak butuh waktu lama bagi mereka untuk mencoba beriklan di Facebook.

Pachter yakin setidaknya setengah dari UKM di Facebook akan beriklan. Jumlah uang yang bisa disedot oleh Facebook akan lebih dari 1,25 miliar dollar AS.

Namun, Levy mengakui bahwa masih banyak UKM yang belum tergerak untuk memasang iklan di Facebook. Salah satu alasannya adalah mereka belum mempunyai produk jadi yang ingin diiklankan.

Sementara alasan lainnya, mereka hanya memiliki dua atau tiga karyawan.

Facebook mencoba merangkul UKM dengan menyediakan antarmuka advertising yang sederhana sehingga tidak butuh banyak usaha untuk berpromosi di Facebook. Facebook mengklaim 62 persen pengiklan tertarik karena antarmuka yang sederhana ini.

Pachter menyarankan agar Facebook mencoba model iklan yang berbeda, seperti kupon dan iklan berbasis lokasi, atau model bisnis iklan lain di mana perusahaan dikenai tarif hanya bila mampu menarik konsumen atau pembeli. Hal tersebut bisa menghilangkan risiko dan mendorong UKM untuk terjun ke Facebook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.