Menjajal Panasonic Lumix GM1, Kamera "Mirrorless" Terkecil

Kompas.com - 29/11/2013, 16:25 WIB
Model memperlihatkan kamera Panasonic Lumix GM1 dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (28/11/2013) oik yusuf/ kompas.comModel memperlihatkan kamera Panasonic Lumix GM1 dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (28/11/2013)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Model memperlihatkan kamera Panasonic Lumix GM1 dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (28/11/2013)
KOMPAS.com - Soal ukuran, kamera mirrorless sudah jauh lebih kecil dibandingkan DSLR konvensional, tapi Lumix GM1 dari Panasonic menciutkan dimensi fisik dari jenis kamera "tanpa cermin" tersebut menjadi lebih mungil lagi.

Inilah kamera mirrorless terkecil yang memiliki sensor micro four-thirds di dalamnya. Dilihat sekilas, mungkin orang tak akan mengira di dalam Lumix GM1 tertanam sensor 16 megapixel yang sama dengan milik "kakaknya", Lumix GX7.  

Dengan dimensi 99 x 55 x 30 mm, Lumix GM1 bahkan lebih kecil dibandingkan beberapa model kamera saku high-end serta tak lebih lebar dari telapak tangan orang dewasa. Tingginya juga hanya sebatas diameter mounting lensa micro four thirds.

oik yusuf/ kompas.com Lumix GM1 terlihat sangat kecil di tangan, tak jauh berbeda dari kamera saku
Ukurannya yang kecil mungkin sedikit mengurangi kesan "serius' dari perangkat ini dan membuatnya terkesan seperti mainan. Namun, setelah Kompas Tekno mencobanya sendiri pada acara peluncuran di Jakarta Kamis (28/11/2013) kemarin, Lumix GM1 ternyata memiliki kemampuan tersendiri yang membuatnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Seperti apa? Ikuti hasil penelusuran singkat berikut ini.

Pecinta fotografi

Seperti yang telah disebutkan, daya tarik utama Lumix GM1 adalah ukurannya yang terbilang kecil, bahkan untuk standar kamera mirrorless sekalipun. Mungilnya bentuk kamera ini akan terlihat jelas tatkala disandingkan dengan saudaranya, Lumix GX7 yang menyasar kalangan enthusiast.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

oik yusuf/ kompas.com
Lumix GM1 (kanan) dibandingkan dengan GX7
Kendati berukuran mini, Lumix GM1 masih dibekali dengan tombol-tombol kontrol eksternal sehingga kendali bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tak seperti Lumix seri GF atau kamera mirrorless entry-level lain yang lebih banyak bergantung pada touchscreen.

Panel atas kamera ini memuat kenop exposure mode dial, tombol shutter release merangkap switch on/off, serta kenop seleksi AF mode yang diimbuhi tombol function (Fn) di bagian tengahnya. Fungsi tombol Fn ini bisa dikustomisasi lewat menu kamera, misalnya diatur untuk melakukan AE atau AF lock.

oik yusuf/ kompas.com
Bagian atas Lumix GM1
oik yusuf/ kompas.com
Bagian bawah Lumix GM1
Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefandi menjelaskan bahwa Lumix GM1 sebenarnya ditujukan untuk para pecinta fotografi yang membutuhkan kamera mungil. "Misalnya untuk street photography di mana bentuk kecil kamera ini akan membuatnya tidak mencolok," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.