Kompas.com - 29/11/2013, 17:25 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Produsen smartphone Firefox OS asal Spanyol, Geeksphone, berencana menyatukan dua platform sistem operasi (OS), Firefox OS, dan Android dalam satu perangkat.

Smartphone yang diberi nama Revolution ini ditujukan bagi konsumen yang ingin menikmati aplikasi Firefox OS ditandem dengan Android.

Secara teknis, memang bukan Firefox OS yang disandang Revolution, tetapi software Boot2Gecko yang dipakai Mozilla untuk membangun Firefox OS. OS ini memiliki bits dan bytes yang sama, tetapi beda label.

Geeksphone mengaku pada awalnya akan meluncurkan Revolution dengan Android, tetapi melihat pengalaman Geeksphone di segmen Open Web, mereka memutuskan untuk memberikan pilihan bagi konsumen apakah ingin menggunakan Firefox OS atau Android saja. Namun, pilihan ini hanya tersedia bagi "advanced user."

Geeksphone belum memberikan detail tentang Revolution, seperti fitur, harga, tanggal peluncurannya, dan seperti apa bentuknya. Namun, pihak Geeksphone mengklaim bahwa smartphone ini adalah kreasi yang sarat akan tenaga.

Jadi kemungkinan Revolution akan mengusung prosesor yang lebih cepat dibanding smartphone perusahaan sebelumnya, Peak.

"Kami yakin semua orang akan terkejut dengan performanya," ujar co-founder Geekphone, Javier Aguera. "Harganya juga kompetitif," ujarnya seperti dikutip Gigaom, Kamis (28/11/2013).

Siklus smartphone produksi Geeksphone memang tergolong cepat sehingga membuat pengamat bingung dengan strateginya. Pada April lalu, Geeksphone telah meluncurkan smartphone Firefox OS-nya yang diberi nama Peak.

Tiga bulan kemudian perusahaan menghentikan penjualan Peak dan memasarkan Peak+. Kini mereka yang telah memesan Peak+ juga ditawari dengan Revolution, dengan harga yang sama (sekitar 203 dollar AS).

Karena terdapat masalah suplai komponen, Geeksphone terpaksa menghentikan produksi. Konsumen yang telah memesan Peak+ harus gigit jari karena mereka ditawari smartphone dengan spesifikasi rendah dan cashback 20 dollar AS, atau menunggu Revolution yang belum pasti kapan datang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GigaOM


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.