Kompas.com - 02/12/2013, 08:05 WIB
Tampilan laman beranda situs Neshama neshama.infoTampilan laman beranda situs Neshama
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Tampilan laman beranda situs Neshama

KOMPAS.com - Jejaring sosal untuk orang hidup? Ah, itu sudah biasa. Bagaimana jika keanggotaannya khusus hanya untuk orang-orang yang sudah meninggal?

Itulah yang dilakukan oleh Shelly Furman Asa, seorang pengusaha asal Israel yang membikin website bernama Neshama. Di situs ini, pengguna bisa mengunggah foto nisan dan kuburan yang kemudian dapat dicari kembali dengan fitur search.

Sebagaimana dikutip dari Buzzfeed, dengan mendirikan layanan ini, Asa berharap pengguna bisa terus mengingat teman atau kerabat mereka yang telah meninggal sehingga tak terlupakan.

"Banyak yang telah dilakukan untuk mengingat tentara, korban holocaust, dan lain-lain. Tapi kita tak punya cara untuk mengabadikan kenangan tentang orang biasa," ujar Asa, yang mengaku menghabiskan modal setidaknya 600 juta rupiah untuk membangun Neshama.

BuzzFeed
Laman memorial Neshama

Pada awalnya situs tersebut memuat gambar-gambar kuburan dari enam pemakaman. Jumlah tersebut rencananya akan ditambah. Hingga kini, Neshama telah mengumpulkan 120.000 pengguna.

Di laman memorial Neshama, pengguna bisa mengunggah foto, video, ataupun cerita-cerita tentang orang yang sudah meninggal untuk terus menghidupkan kenangannya.

Facebook sebenarnya juga memiliki fitur laman serupa, tapi laman ini berbeda dari akun pengguna reguler dan tak bisa dicari ataupun ditambahkan ke friend list. Pengguna juga tidak bisa login ke laman akun Facebook yang dijadikan memorial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk setahun pertama, Asa menggatiskan layanan Neshama. Setelah itu dia berencana menarik bayaran sebesar NIS 3 atau sekitar Rp 11.000 per bulan untuk menyewa tempat di situs itu bagi pengguna yang ingin mengunggah banyak konten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BuzzFeed
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.