Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Media Sosial untuk Orang Mati

Kompas.com - 02/12/2013, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BuzzFeed
Tampilan laman beranda situs Neshama

KOMPAS.com - Jejaring sosal untuk orang hidup? Ah, itu sudah biasa. Bagaimana jika keanggotaannya khusus hanya untuk orang-orang yang sudah meninggal?

Itulah yang dilakukan oleh Shelly Furman Asa, seorang pengusaha asal Israel yang membikin website bernama Neshama. Di situs ini, pengguna bisa mengunggah foto nisan dan kuburan yang kemudian dapat dicari kembali dengan fitur search.

Sebagaimana dikutip dari Buzzfeed, dengan mendirikan layanan ini, Asa berharap pengguna bisa terus mengingat teman atau kerabat mereka yang telah meninggal sehingga tak terlupakan.

"Banyak yang telah dilakukan untuk mengingat tentara, korban holocaust, dan lain-lain. Tapi kita tak punya cara untuk mengabadikan kenangan tentang orang biasa," ujar Asa, yang mengaku menghabiskan modal setidaknya 600 juta rupiah untuk membangun Neshama.

BuzzFeed
Laman memorial Neshama

Pada awalnya situs tersebut memuat gambar-gambar kuburan dari enam pemakaman. Jumlah tersebut rencananya akan ditambah. Hingga kini, Neshama telah mengumpulkan 120.000 pengguna.

Di laman memorial Neshama, pengguna bisa mengunggah foto, video, ataupun cerita-cerita tentang orang yang sudah meninggal untuk terus menghidupkan kenangannya.

Facebook sebenarnya juga memiliki fitur laman serupa, tapi laman ini berbeda dari akun pengguna reguler dan tak bisa dicari ataupun ditambahkan ke friend list. Pengguna juga tidak bisa login ke laman akun Facebook yang dijadikan memorial.

Untuk setahun pertama, Asa menggatiskan layanan Neshama. Setelah itu dia berencana menarik bayaran sebesar NIS 3 atau sekitar Rp 11.000 per bulan untuk menyewa tempat di situs itu bagi pengguna yang ingin mengunggah banyak konten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com