Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar "Dosa" Empat Smartphone Populer

Kompas.com - 02/12/2013, 14:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber FixYa
blog.fixya.com

KOMPAS.com — Tak ada yang sempurna. Pepatah ini juga berlaku untuk smartphone, bahkan model-model mahal yang masuk dalam jajaran ponsel pintar terpopuler saat ini sekalipun, yaitu Samsung Galaxy S4, Apple iPhone 5, HTC One, dan Motorola Moto X.

Nah, terkait dengan empat smartphone tersebut, Fixyasitus trouble-shooting berbasis komunitasberinisiatif mengumpulkan data soal permasalahan yang dialami oleh para pengguna.

Informasi dikumpulkan dari sekitar 13.000 input pembaca yang sudah memakai Galaxy S4, iPhone 5, One, dan Moto X selama beberapa waktu. Seiring dengan pemakaian, masalah-masalah umum dari keempat smartphone tersebut pun mengemuka. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Samsung Galaxy S4

blog.fixya.com
blog.fixya.com

Smartphone yang satu ini merupakan generasi terbaru dari seri Galaxy S. Meski dibekali banyak fitur andalan, Galaxy S4 juga memiliki beberapa masalah. Yang paling banyak dilaporkan pembaca Fixya adalah panas berlebih ketika bermain game dan browsing.

Masalah panas memang umum ditemui pada smartphone berkinerja tinggi. Untuk kasus Galaxy S4, bahan plastik yang digunakan sebagai cangkang ponsel ini ditengarai sebagai penyebab tingginya panas yang dihasilkan.

Baterai Galaxy S4 juga dilaporkan tak mampu bertahan seharian, terutama ketika pengguna menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau memakai kamera dalam waktu lama. Kegiatan-kegiatan tersebut memaksa smartphone bekerja lebih keras, dan karena itu menguras daya baterai dengan lebih cepat.

Galaxy S4 memiliki layar yang indah, tetapi itu bukan berarti display AMOLED milik Samsung bebas masalah. Pengguna mengeluhkan tingkat kecerahan layar Galaxy S4 yang tak setinggi smartphone lain sehingga sulit dilihat kala berada di bawah sinar matahari.

2. Motorola Moto X

blog.fixya.com blog.fixya.com

Ketika diperkenalkan pada Agustus lalu, Moto X dari Motorola terlihat segar dengan konsep casing yang bisa diganti-ganti. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang termasuk biasa-biasa saja karena pembuatnya lebih mengutamakan "pengalaman pengguna". Namun, hal tersebut ternyata justru berbuah keluhan dari para pemilik Moto X.

Masalah yang paling banyak dikeluhkan adalah kapasitas penyimpanan internal yang terbatas, sementara Moto X tak memiliki kemampuan ekspansi storage lewat Micro-SD. Pengguna bisa memakai layanan penyimpanan berbasis cloud, tetapi ini tentu menambah biaya dan membutuhkan akses internet yang belum tentu selalu tersedia.

Kualitas layar Moto X  yang hanya mengusung resolusi 720p (1280x720) dinilai lebih rendah dibandingkan ponsel-ponsel pintar lain yang mulai banyak mengadopsi layar 1080p (1920x1080). Warna-warna yang ditampilkan smartphone ini juga kerap terasa terlalu cerah sehingga membuat mata kurang nyaman.

Ada pula masalah terkait kamera Moto X. Kualitas tangkapan gambarnya tak sebagus yang diharapkan, untuk standar masa kini. Kadang hasil fotonya terlihat pixellated atau seperti memiliki resolusi rendah. Selain itu, auto-focus Moto X kerap kali melakukan fokus di beberapa tempat berbeda secara acak.

3. iPhone 5S

blog.fixya.com
blog.fixya.com

iPhone 5S dari Apple dibekali dengan sejumlah fitur baru yang belum bisa atau jarang ditemui di smartphone lain, seperti prosesor 64-bit dan pemindai sidik jari. Namun, fitur-fitur tersebut ternyata juga bisa menjadi sumber keluhan.

Halaman:
Sumber FixYa
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com