Daftar "Dosa" Empat Smartphone Populer

Kompas.com - 02/12/2013, 14:36 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno
blog.fixya.com

KOMPAS.com — Tak ada yang sempurna. Pepatah ini juga berlaku untuk smartphone, bahkan model-model mahal yang masuk dalam jajaran ponsel pintar terpopuler saat ini sekalipun, yaitu Samsung Galaxy S4, Apple iPhone 5, HTC One, dan Motorola Moto X.

Nah, terkait dengan empat smartphone tersebut, Fixyasitus trouble-shooting berbasis komunitasberinisiatif mengumpulkan data soal permasalahan yang dialami oleh para pengguna.

Informasi dikumpulkan dari sekitar 13.000 input pembaca yang sudah memakai Galaxy S4, iPhone 5, One, dan Moto X selama beberapa waktu. Seiring dengan pemakaian, masalah-masalah umum dari keempat smartphone tersebut pun mengemuka. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Samsung Galaxy S4

blog.fixya.com
blog.fixya.com

Smartphone yang satu ini merupakan generasi terbaru dari seri Galaxy S. Meski dibekali banyak fitur andalan, Galaxy S4 juga memiliki beberapa masalah. Yang paling banyak dilaporkan pembaca Fixya adalah panas berlebih ketika bermain game dan browsing.

Masalah panas memang umum ditemui pada smartphone berkinerja tinggi. Untuk kasus Galaxy S4, bahan plastik yang digunakan sebagai cangkang ponsel ini ditengarai sebagai penyebab tingginya panas yang dihasilkan.

Baterai Galaxy S4 juga dilaporkan tak mampu bertahan seharian, terutama ketika pengguna menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau memakai kamera dalam waktu lama. Kegiatan-kegiatan tersebut memaksa smartphone bekerja lebih keras, dan karena itu menguras daya baterai dengan lebih cepat.

Galaxy S4 memiliki layar yang indah, tetapi itu bukan berarti display AMOLED milik Samsung bebas masalah. Pengguna mengeluhkan tingkat kecerahan layar Galaxy S4 yang tak setinggi smartphone lain sehingga sulit dilihat kala berada di bawah sinar matahari.

2. Motorola Moto X

blog.fixya.com blog.fixya.com

Ketika diperkenalkan pada Agustus lalu, Moto X dari Motorola terlihat segar dengan konsep casing yang bisa diganti-ganti. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang termasuk biasa-biasa saja karena pembuatnya lebih mengutamakan "pengalaman pengguna". Namun, hal tersebut ternyata justru berbuah keluhan dari para pemilik Moto X.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber FixYa
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.