Kompas.com - 03/12/2013, 11:30 WIB
Tampilan Windows Phone 8 NokiaTampilan Windows Phone 8
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, upaya Microsoft untuk memajukan sistem operasi mobile Windows Phone mulai menampakkan hasil.

Menurut Kantar Worldpanel, di lima negara besar Eropa, pangsa pasar sistem operasi tersebut telah berhasil menyentuh angka 10,2 persen dari penjualan seluruh smartphone saat ini. Kelima negara itu terdiri dari Jerman, Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol.

Pangsa pasar tersebut meningkat cukup drastis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Saat itu, seperti dikutip dari PhoneArena, Selasa (3/12/2013), pangsa pasar Windows Phone mencapai 4,8 persen. Nilai tersebut pun mengalami peningkatan dari kuartal lalu yang menyentuh angka 9,2 persen.

Pangsa pasar terbesar Windows Phone terlihat di Italia. Di Negeri Pizza ini, sistem operasi Microsoft ini berhasil mencapai pangsa pasar sebesar 16,1 persen, meningkat dari 11,7 persen di kuartal yang sama tahun lalu.

Sementara, pangsa pasar Windows Phone juga berhasil mencapai double digit di Prancis dan Inggris dengan 12,5 persen dan 11,9 persen. Nilai tersebut melonjak jauh dari 5,1 persen dan 4,6 persen pada tahun lalu.

Menurut Dominic Sunnebo, Strategic Insight Director Kantar Worldpanel, meningkatnya pangsa pasar Windows Phone lebih banyak disebabkan oleh beredarnya perangkat dengan harga terjangkau.

"Momentum untuk Windows Phone terus berlanjut, meskipun pertumbuhannya tergantung pada perangkat low-end. Di Inggris, nyaris tiga perempat perangkat Nokia Lumia yang dijual di periode terbaru adalah perangkat low-end, seperti Lumia 520 dan 620 - sebuah pola yang juga terlihat di seluruh pasar Eropa lainnya,"  kata Sunnebo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Android masih berkuasa

Pemimpin pangsa pasar platform mobile versi Kantar Worldpanel tetap dipegang Android. Di lima negara besar Eropa, Android berhasil mendominasi dengan nilai sebesar 70,9 persen. Nilai tersebut meningkat dari 64,5 persen pada tahun lalu.

Android juga berkuasa di pasaran Amerika Serikat dengan nilai 52,6 persen, meningkat dari 47,7 persen.

Adapun pangsa pasar sistem operasi buatan Apple, iOS, mengalami penurunan pada periode tersebut, meskipun tidak terlalu signifikan.

Sebagai contoh, di wilayah AS, pangsa pasar mereka menurun menjadi 40,8 persen dari 47,2 persen pada tahun lalu. Di wilayah Eropa, pangsa pasarnya juga berkurang, dari 20,8 persen, menjadi 15,8 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.