Kompas.com - 03/12/2013, 15:34 WIB
Logo Windows 8. Logo Windows 8.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Walau sama-sama baru diperkenalkan, ternyata adopsi pengguna terhadap sistem operasi Windows 8.1 lebih cepat dibanding sistem operasi terbaru Apple yang ditawarkan gratis, Mac OS X 10.9 Mavericks.
 
Windows 8.1 adalah update terbaru dari sistem operasi Windows 8 yang diluncurkan pada Oktober lalu. Update ini gratis dan menawarkan beberapa perbaikan, salah satunya adalah kembalinya tombol Start di desktop.
 
Sebagaimana yang dicatat oleh Net Application, pada bulan November lalu, sistem operasi besutan Microsoft ini menjadi sistem operasi desktop populer kelima.
 
Net Application memantau aktivitas pengguna Internet dan mendeteksi sistem operasi apa yang digunakan untuk browsing.
 
Jumlah pengguna Windows 8.1 di Internet yang direkam Net Application mencapai 2,6 persen dari semua sistem operasi untuk PC dan laptop. Angka ini meningkat dari sebelumnya 1,72 persen pada bulan Oktober dan 0,87 persen di bulan September.
 
Peningkatan tersebut juga turut mendorong Windows 8.1 unggul di atas Mac OS X 10.9 Mavericks sebesar 2,42 persen, dan sedikit di belakang Windows Vista dengan raihan 3,57 persen.
 
Windows 8 sendiri jumlah penggunanya makin berkurang karena banyak yang upgrade ke Windows 8.1. Namun, jika digabungkan, keduanya mencapai pangsa pasar sebesar 9,3 persen, masih jauh dari jumlah pengguna Windows 7 di Internet yang mencapai 46,6 persen dan XP 31,2 persen.
 
Windows XP menyerahkan dominasinya kepada Windows 7 pada Agustus 2012 lalu. Walau Microsoft sudah tidak meneruskan dukungannya terhadap XP pada April lalu, pengguna sistem operasi berumur 12 tahun ini masih tergolong tinggi hingga kini, umumnya bagi pebisnis.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.