Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel dan Ideoworks Bersaing Hadirkan Shopify

Kompas.com - 03/12/2013, 17:34 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform toko online Shopify telah masuk pasar Indonesia pada Agustus 2013. Setelah memilih Ideoworks sebagai channel partner, kini giliran operator seluler Telkomsel yang menjadi channel partner Shopify di Indonesia.

Shopify merupakan tempat untuk membuat toko online dengan alamat domain dan desain template sesuai keinginan pengguna. Shopify juga menyediakan berbagai metode pembayaran, jasa pengiriman, sampai layanan penyimpanan data di awan (cloud) untuk dokumen yang berkaitan dengan pembelian dan pelanggan.

Shopify sendiri berasal dari Kanada. Perusahaan ini menunjuk operator telekomunikasi SingTel asal Singapura sebagai mitra distribusi di Asia. Di Indonesia, SingTel kemudian menunjuk Ideoworks dan Telkomsel sebagai channel partner Shopify.

Kedua channel partner ini memberi pelayanan yang berbeda. Ideoworks punya pengalaman dalam bisnis e-commerce, sementara Telkomsel merupakan operator telekomunikasi yang menyediakan layanan seluler dan data.

Ideoworks

Dukungan Ideoworks terhadap pengguna yang ingin membuka toko online dengan platform Shopify, dimulai dari proses mempersiapkan toko online, mendesain, pemeliharaan, pelatihan, dan pemasaran online.

Chairman Ideoworks, Andi S. Boediman mengatakan, pihaknya membantu dalam proses pemotretan hingga foto produk tersebut diunggah ke toko online pengguna. Ideoworks juga membantu bagaimana melakukan pemasaran online lewat media sosial.

Pelayanan macam ini diberikan Ideoworks mengingat masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui bagaimana membangun dan mengembangkan bisnis toko online.

Dalam situs resmi Ideoworks, perusahaan ini menyediakan dua jenis layanan, yaitu Paket Starter seharga Rp 4,9 juta selama setahun, dan Paket Basic seharga Rp 6,9 juta setahun.

Telkomsel

Sementara Telkomsel, menyediakan platform Shopify yang dibundel dengan layanan data (internet) hingga iklan digital. Namun, Telkomsel tidak memberi dukungan persiapan membuka toko online atau pelatihan. Pengguna harus membangun sendiri toko online-nya.

Ada tiga kategori layanan yang ditawarkan Telkomsel. Dalam kategori Starter Package, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 210.000 per bulan hingga Rp 2,1 juta per bulan, yang dibundel dengan layanan internet saja.

Dalam kategori Advertising Package, pengguna tidak mendapatkan layanan internet, melainkan hanya mendapatkan layanan iklan digital berupa SMS yang ditargetkan untuk orang tertentu, ataupun iklan SMS berbasis lokasi. Harga yang ditawarkan mulai Rp 460.000 per bulan sampai Rp 3 juta per bulan.

Kategori yang paling lengkap dari Telkomsel adalah Premium Package yang menyediakan platform Shopify dengan bundel layanan internet dan iklan digital. Harga yang ditawarkan mulai Rp 510.000 per bulan sampai Rp 3,15 juta per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com