Kompas.com - 04/12/2013, 09:59 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Jika dahulu kita melihat perlombaan megapiksel (MP) hanya terjadi di pasar kamera digital, kini adu besar angka megapiksel juga terjadi di pasar smartphone. Yang terbaru, Nokia punya Lumia 1020 yang mempunyai kamera 41 MP dan Xperia Z1 dengan kamera 20 MP.

Tak mau kalah, Samsung dikabarkan tengah menyiapkan smartphone Galaxy Android dengan kamera 16 MP dan 20 MP pada tahun 2014.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (4/12/2013), resolusi 16 MP ini rencananya akan Samsung benamkan di smartphone Galaxy S5. Sementara kamera 20 MP-nya disiapkan meluncur di semester dua 2014.

ETNews Korea juga memberitakan bahwa Samsung berencana memasang kamera 16 MP tersebut di satu dari empat smartphone-nya. Berdasar pada proyeksi penjualan, diperkirakan akan ada 90 juta smartphone Samsung dengan kamera standar kelas atas tahun depan.

Pengembangan kamera 20 megapiksel juga sudah dimulai Samsung agar tidak ketinggalan dengan vendor lain.

Menurut Digital Trend, langkah Samsung dalam membuat kamera resolusi tinggi ini mungkin dipicu oleh ketidakmampuan perusahaan dalam perlombaan fitur, seperti sistem stabilisasi gambar optik (OIS), jika dibanding vendor smartphone besar lain.

Sebelumnya dirumorkan bahwa fitur stabilisasi gambar ini akan tersedia di Galaxy S4 dan Note 3. Hanya, permintaan yang tinggi dari Samsung tidak bisa dipenuhi pemasok komponen. Samsung setidaknya membutuhkan 50 juta modul OIS untuk menghadirkan fitur ini dalam Galaxy S4.

Kamera memang menjadi komponen penting dalam smartphone saat ini. Hampir semua vendor besar seperti LG, Nokia, dan Apple menaruh perhatian yang besar. Tak heran jika pangsa pasar kamera saku digital mulai ditinggalkan karena kehadiran smartphone.

Sebelumnya, vendor smartphone tidak terlalu memedulikan resolusi foto. Mereka fokus pada persaingan fitur spesial, aplikasi, dan teknologi seperti stabilisasi gambar. Namun, perang megapiksel ini kembali mencuat setelah Nokia, Sony, dan Samsung membuat smartphone dengan ukuran sensor besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.