Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Megapiksel, Samsung Siapkan Android 20 MP

Kompas.com - 04/12/2013, 09:59 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Jika dahulu kita melihat perlombaan megapiksel (MP) hanya terjadi di pasar kamera digital, kini adu besar angka megapiksel juga terjadi di pasar smartphone. Yang terbaru, Nokia punya Lumia 1020 yang mempunyai kamera 41 MP dan Xperia Z1 dengan kamera 20 MP.

Tak mau kalah, Samsung dikabarkan tengah menyiapkan smartphone Galaxy Android dengan kamera 16 MP dan 20 MP pada tahun 2014.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (4/12/2013), resolusi 16 MP ini rencananya akan Samsung benamkan di smartphone Galaxy S5. Sementara kamera 20 MP-nya disiapkan meluncur di semester dua 2014.

ETNews Korea juga memberitakan bahwa Samsung berencana memasang kamera 16 MP tersebut di satu dari empat smartphone-nya. Berdasar pada proyeksi penjualan, diperkirakan akan ada 90 juta smartphone Samsung dengan kamera standar kelas atas tahun depan.

Pengembangan kamera 20 megapiksel juga sudah dimulai Samsung agar tidak ketinggalan dengan vendor lain.

Menurut Digital Trend, langkah Samsung dalam membuat kamera resolusi tinggi ini mungkin dipicu oleh ketidakmampuan perusahaan dalam perlombaan fitur, seperti sistem stabilisasi gambar optik (OIS), jika dibanding vendor smartphone besar lain.

Sebelumnya dirumorkan bahwa fitur stabilisasi gambar ini akan tersedia di Galaxy S4 dan Note 3. Hanya, permintaan yang tinggi dari Samsung tidak bisa dipenuhi pemasok komponen. Samsung setidaknya membutuhkan 50 juta modul OIS untuk menghadirkan fitur ini dalam Galaxy S4.

Kamera memang menjadi komponen penting dalam smartphone saat ini. Hampir semua vendor besar seperti LG, Nokia, dan Apple menaruh perhatian yang besar. Tak heran jika pangsa pasar kamera saku digital mulai ditinggalkan karena kehadiran smartphone.

Sebelumnya, vendor smartphone tidak terlalu memedulikan resolusi foto. Mereka fokus pada persaingan fitur spesial, aplikasi, dan teknologi seperti stabilisasi gambar. Namun, perang megapiksel ini kembali mencuat setelah Nokia, Sony, dan Samsung membuat smartphone dengan ukuran sensor besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com