"It's My Startup," 50 Tips Membangun Startup

Kompas.com - 04/12/2013, 10:26 WIB
Buku It's My Startup: 50 tips memasuki, memulai, dan mengembangkan bisnis startup Oik Yusuf/Kompas.comBuku It's My Startup: 50 tips memasuki, memulai, dan mengembangkan bisnis startup
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memulai sebuah startup, banyak hal yang tidak diketahui namun akan ditemui. Banyak ide yang menarik untuk dijalankan, namun memiliki risiko yang cukup berdampak jika gagal.

"Jika kita berani mencoba melakukan sesuatu, maka kita telah mengurangi risiko kegalalan sebesar 50 persen, namun jika kita tidak pernah mencobanya maka sudah pasti 100 persen gagal," kata Anton Soeharyo, pendiri perusahaan pembuat game mobile TouchTen.

Itulah salah satu isi penggalan paragraf dalam buku "It's My Startup" karya Lahandi Baskoro, yang memberi "50 tips bagaimana memasuki, memulai, dan mengembangkan bisnis startup."

Buku ini direkomendasikan kepada Anda yang memiliki banyak ide kreatif, di mana ide-ide hebat itu sebenarnya berpotensi menjadi produk nyata dan memiliki nilai ekonomis.

Lahandi mendefinisikan startup sebagai organisasi yang berusaha menghasilkan produk dan mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang. Di Indonesia, istilah startup cenderung mengacu pada perusahaan rintisan yang menggunakan unsur teknologi informasi dalam produknya.

Tips dari Lahandi ditulis dalam bahasa yang sederhana, jelas, dan dan singkat, sehingga ia mudah dimengerti, bahkan oleh orang yang tidak memahami tentang bisnis digital.

Pria yang bekerja sebagai senior content strategist di Kaskus ini, mengambil intisari tips dari hasil pengalaman, pengetahuan, dan juga pergaulannya di dunia startup. Dalam setiap tips, Lahandi memberi contoh kasus tentang perjalanan sesesorang mendirikan dan mengembangkan startup. Setiap tips juga dibumbui dengan 'kata mutiara' dari orang-orang hebat yang berjuang membangun bisnis digital hingga menjadi perusahaan mapan.

Namun, kenyamanan membaca agak terganggu lantaran teks di setiap halamannya didominasi oleh warna hijau dan biru. Untungnya, huruf-huruf pada teks berukuran besar sehingga cukup membantu dalam membaca.

Oik Yusuf/Kompas.com
Halaman-halaman buku It's My Startup didominasi oleh warna hijau dan biru. Hal ini agak membuat kenyamanan membaca berkurang.
Menurut Lahandi, mendirikan startup bisa dimulai dari hasrat dan visi. "Jika yang dikerjakan itu adalah passion kita, begadang dan kerja di hari libur pun tidak merasa memberatkan." Sementara visi, "akan jadi panduan selama startup itu berkembang."

"Sejak awal Microsoft berdiri, Bill Gates dan Paul Allen memiliki satu visi yang pada saat itu terdengar agak konyol. Mereka memimpikan adanya komputer di setiap meja kerja dan di setiap rumah, menggunakan software dari Microsoft. Dari 1977 hingga hari ini, visi tersebut tidak berubah."

Namun, jika produk atau visinya mentok, tidak ada salahnya startup melakukan pivot atau mengubah arah usaha. Arah di sini bisa berupa visi, perubahan pengembangan layanan, perubahan segmen konsumen, dan sebagainya. Ada pivot yang perubahannya minor, dan ada pula yang ekstrim.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X