Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencopet iPhone Kembalikan "Harta" ke Korban

Kompas.com - 04/12/2013, 11:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Xinhua

KOMPAS.com — Gadget yang dicopet memang sering membuat jengkel. Lebih jengkel lagi jika mengingat ribuan kontak dan data penting yang tersimpan di dalamnya, yang kadang lebih "berharga" dari benda fisiknya.

Pencopet yang satu ini mungkin mengerti kesusahan yang akan dihadapi korban setelah mengambil iPhone tanpa sepengetahuan pemiliknya. Ia kemudian menulis "harta" berupa daftar 1.000 kontak yang tersimpan di dalam iPhone dan mengirimkannya kembali.

Seperti disebutkan Independent.co.uk, kejadian ini dialami oleh warga provinsi Hunan, China, bernama Zou Bin. Kehilangan ponsel terjadi setelah Zou berbagi taksi dengan orang lain.

Menurut AFP, setelah sadar iPhone-nya raib, Zou kemudian mengirim pesan SMS ke nomornya sendiri. Begini bunyi pesan tersebut: "Aku tahu kamu (yang mencuri iPhone) adalah yang duduk di sebelahku. Aku pastikan akan selalu mencarimu."

"Lihat daftar kontak di ponselku, kau akan tahu siapa aku." Zou merujuk pada nomor kontak sebuah pub di China yang dikenal memiliki anggota geng yang banyak dan tersebar luas.

"Kirim kembali ponsel ini ke alamat di bawah jika kau mau selamat." lanjut Zou dalam pesan SMS-nya.

Beberapa hari kemudian, kantor berita Xinhua memberitakan bahwa Zou menerima kiriman paket yang berisi kartu SIM dan daftar nomor telepon yang ada di iPhone-nya.

Daftar yang mencapai 1.000 kontak tersebut ditulis tangan, komplet dengan nama dan nomor telepon. Daftar itu sendiri menurut Zou mencapai 11 halaman.

"Tangannya (si pencuri) pasti bengkak," seloroh Zou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Xinhua

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com