Kompas.com - 04/12/2013, 11:03 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Gadget yang dicopet memang sering membuat jengkel. Lebih jengkel lagi jika mengingat ribuan kontak dan data penting yang tersimpan di dalamnya, yang kadang lebih "berharga" dari benda fisiknya.

Pencopet yang satu ini mungkin mengerti kesusahan yang akan dihadapi korban setelah mengambil iPhone tanpa sepengetahuan pemiliknya. Ia kemudian menulis "harta" berupa daftar 1.000 kontak yang tersimpan di dalam iPhone dan mengirimkannya kembali.

Seperti disebutkan Independent.co.uk, kejadian ini dialami oleh warga provinsi Hunan, China, bernama Zou Bin. Kehilangan ponsel terjadi setelah Zou berbagi taksi dengan orang lain.

Menurut AFP, setelah sadar iPhone-nya raib, Zou kemudian mengirim pesan SMS ke nomornya sendiri. Begini bunyi pesan tersebut: "Aku tahu kamu (yang mencuri iPhone) adalah yang duduk di sebelahku. Aku pastikan akan selalu mencarimu."

"Lihat daftar kontak di ponselku, kau akan tahu siapa aku." Zou merujuk pada nomor kontak sebuah pub di China yang dikenal memiliki anggota geng yang banyak dan tersebar luas.

"Kirim kembali ponsel ini ke alamat di bawah jika kau mau selamat." lanjut Zou dalam pesan SMS-nya.

Beberapa hari kemudian, kantor berita Xinhua memberitakan bahwa Zou menerima kiriman paket yang berisi kartu SIM dan daftar nomor telepon yang ada di iPhone-nya.

Daftar yang mencapai 1.000 kontak tersebut ditulis tangan, komplet dengan nama dan nomor telepon. Daftar itu sendiri menurut Zou mencapai 11 halaman.

"Tangannya (si pencuri) pasti bengkak," seloroh Zou.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhua

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.