Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5C Sukses Gaet "Pembelot"

Kompas.com - 04/12/2013, 13:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Banyak yang kecewa ketika iPhone 5C resmi diperkenalkan. Smartphone "murah" ini ternyata bukan ponsel berharga terjangkau seperti yang ramai disebut sebelumnya. Kemudian beredar kabar bahwa Apple mengurangi pesanan komponen iPhone 5C sehingga perangkat tersebut diduga sebagai produk gagal.

Tapi benarkah begitu? Ternyata tidak juga.

Berdasarkan laporan riset Kantar Worldpanel yang dikutip oleh BGR, iPhone 5C memang kalah populer dibandingkan "kakaknya", iPhone 5S. Di Inggris, misalnya, rasio penjualan iPhone 5S dibanding iPhone 5C mencapai tiga banding satu.

Meski begitu, iPhone 5C lebih berhasil menarik pengguna smartphone lain untuk "membelot" ke platform Apple. Harga perangkat ini yang dipatok mulai 549 dollar AS terbilang masih relatif mahal, namun iPhone 5C ternyata tetap berhasil menjangkau segmen konsumen yang sebelumnya tak bisa diraih Apple.  

"Berita baiknya untuk Apple adalah bahwa jangkauan pasarnya yang lebih luas itu berhasil menarik pengguna baru untuk pindah dari kompetitor," tulis Dominic Sunnebo, direktur strategic insight Kantar Worldpanel ComTech, dalam sebuah pernyataan.

"Hampir setengah pembeli iPhone 5C sebelumnya merupakan pemilik perangkat kompetitor, terutama Samsung dan LG," lanjut Sunnebo. Hal ini berbeda dari iPhone 5S, yang 80 persen pembelinya merupakan pemilik lama iPhone yang meng-upgrade perangkat mereka.

Kantar menyebutkan bahwa duet iPhone baru ini berhasil menaikkan pangsa pasar global Apple, tapi angkanya tak sebesar yang dihasilkan oleh pendahulu mereka, iPhone 5.

"Di hampir semua pasar, iPhone 5S dan iPhone 5C meningkatkan pangsa iOS secara signifikan dibanding bulan sebelumnya," ujar Sunnebo. Dia mengatakan bahwa, secara umum, market share Apple masih lebih rendah dibandingkan saat peluncuran iPhone 5.

"Tapi ini bisa diduga sebelumnya karena konsumen cenderung lebih menyambut perangkat yang mengalami "peningkatan besar", ketimbang yang hanya sedikit diubah seperti iPhone 5S dan 5C", kata Sunnebo lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com