Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Teknologi hUMA – HSA Bagian IV – Manfaat hUMA Untuk Programmer & Konsumen

Kompas.com - 04/12/2013, 14:14 WIB
advertorial

Penulis

Arsitektur prosesor terbaru pada teknologi hUMA memang sangat revolusioner di dunia komputer. Kehadirannya di masa depan dipastikan menggeser prosesor multi core yang masih luas digunakan hingga sekarang sebagaimana yang pernah kita bahas di artikel Teknologi hUMA – HSA Bagian III sebelumnya terkait cara kerja hUMA dalam meningkatkan kinerja prosesor. Sistem kerja yang jauh lebih efisien dipastikan akan memanjakan umat manusia di dunia komputer.

AMD, perusahaan yang mempresentasikan proyek hUMA, sangat optimis dengan pangsa pasar potensial yang akan menggunakan teknologi ini. Adapun penggunaan prosesor hUMA sendiri dikatakan sudah mulai diaplikasikan pada sistem konsol permainan PlayStation4. Tidak hanya pada konsol game saja, teknologi hUMA menawarkan proses kerja yang lebih baik pada komputer, tablet, server, dan beragam produk elektronik berbasis komputer lainnya.

Manfaat Aplikasi hUMA Bagi Developer dan Programmer

Penggunaan teknologi hUMA sendiri akan memberikan benefit sangat besar, selain pada programmer tentu saja pada para penggunanya nanti. Jika kita tilik dari sisi programmer, hUMA membuat sistem komputasi yang lebih ringan dan mudah.

Dengan memperhatikan hal ini, pengembangan program akan menjadi lebih mudah dan simple. Dengan sistem komputasi berbasis hUMA nantinya beragam bahasa programming yang banyak digunakan pada umumnya, seperti C++ maupun Java, pun sudah dapat didukung dengan sangat baik.

Dengan komputasi program yang lebih simple dan mudah, tentu saja modal awal untuk mengembangkan menjadi lebih dapat ditekan. Efisiensi pada arsitektur prosesor ini membuat hanya sedikit orang saja yang harus melakukan kerjaan yang bersifat sama maupun repetitif.

Manfaat Aplikasi hUMA Bagi Konsumen

Jika Anda berpikir bahwa teknologi hUMA hanya akan memudahkan kerja para programmer dan developer, sepertinya Anda salah besar. Teknologi hUMA yang diaplikasikan nantinya pada beragam consumers’ goods juga akan memberikan benefit yang malah jauh lebih besar bagi para konsumen.

Jika kita lihat, proses komputasi yang lebih efisien tentu akan memberikan performa yang lebih tinggi pada beragam gadget dan device yang digunakan. Segala hal berkaitan dengan proses akan menjadi lebih singkat dan cepat. Hal ini membuat para pengguna dapat melakukan aktivitas komputasi sehari-hari dengan sangat efektif.

Tentu saja efisiensi proses kerja dari hUMA juga membuat konsumsi energi yang diperlukan juga lebih sedikit. Dengan performa yang serupa dengan prosesor konvensional saat ini, hUMA hanya memerlukan kurang dari setengah energi pada baterai yang digunakan oleh gadget nantinya.

Dengan benefit yang dijanjikan oleh teknologi hUMA ini, tentu saja kita sudah tidak sabar dengan penggunaannya yang lebih luas lagi di masa depan. Bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sistem prosesor dengan multi-core saat ini, dan sambutlah segera kehadiran hUMA yang akan segera mengubah seisi jagad dunia komputer. (adv)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com