Kompas.com - 04/12/2013, 15:05 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pengguna Facebook memiliki kebiasaan yang beragam. Ada yang suka update status, unggah foto selfie, foto humor viral, mengirim tautan berita, dan sebagainya.

Sebagian orang mungkin merasa terganggu dengan jenis posting-an tersebut. Untuk itu, Facebook berencana membuat News Feed-nya lebih pintar dan bersih dari "sampah" tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu (4/12/2013), Facebook sedang mendesain algoritma baru untuk News Feed pengguna mobile, dan akan segera diperkenalkan.

Algoritma baru ini dijanjikan oleh Facebook akan menampilkan konten yang berkualitas saja, seperti update berita, hasil skor pertandingan, atau artikel bermutu lain.

Facebook merasa penggunanya lebih butuh asupan berita dan informasi dibanding foto-foto viral dari pihak ketiga. Karena itu, pihaknya akan lebih mempromosikan artikel-artikel berita ke pembaca.

News Feed juga akan menampilkan tiga berita yang sama menjadi satu sehingga mempermudah pengguna dalam membaca dan mencerna artikel.

Namun, Facebook juga tidak menghapus artikel yang kurang bermutu begitu saja. Tautan terhadap posting-an seperti itu akan ditampilkan lebih sedikit dan diletakkan lebih di bawah.

Upaya yang dilakukan Facebook ini dilakukan untuk bersaing dengan Twitter. Jejaring sosial itu oleh penggunanya dianggap lebih mudah dijadikan sebagai sumber tautan berita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.