Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Instagram Hengkang ke Snapchat

Kompas.com - 04/12/2013, 16:56 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber AllThingsD
KOMPAS.com — Aplikasi digital Snapchat mengalami pertumbuhan pesat dan sempat dilirik untuk diakuisisi oleh Facebook dan Google. Namun, Snapchat dikabarkan menolak tawaran tersebut dan memilih untuk tetap independen serta terus mengembangkan bisnisnya.

Salah satu langkah yang dilakukan Snapchat untuk memperkuat bisnisnya adalah merekrut salah seorang eksekutif Facebook yang bertanggung jawab atas bisnis iklan di Instagram. Eksekutif itu adalah Emily White, yang ditunjuk menjadi Chief Operating Officer (COO) di Snapchat.

"Kami sangat gembira menyambut Emily White ke dalam keluarga Snapchat," kata juru bicara Snapchat, seperti dikutip dari AllThingsD, Selasa (3/12/2013).

White, yang berusia 35 tahun, sebelumnya menjabat sebagai Director of Business Operations di Instagram sejak April 2013. White dan pendiri Instagram, Kevin Systrom, berhasil membuat model bisnis yang mendatangkan uang bagi layanan Instagram. White juga pernah bekerja di Google untuk mengurusi iklan online.

Systrom melontarkan rasa terima kasihnya kepada White karena telah mengembangkan perusahaannya. "Instagram adalah tempat yang lebih baik sekarang karena usahanya, dan kami berterima kasih kepadanya," tutur Systrom.

Snapchat didirikan pada 2011 oleh Evan Spiegel dan kini memiliki 30 karyawan. Kehadiran Snapchat disambut baik oleh pengguna dan menjadi perhatian di industri digital, sama halnya seperti kehadiran Facebook dan Instagram di masa lalu.

Pada September lalu, Snapchat mengumumkan bahwa layanannya menerima dan mengirim 350 juta gambar serta video per hari dari penggunanya. Jumlah tersebut terus naik, kini menjadi 400 juta foto dan video per hari.

Snapchat tentu berharap White dapat membuat model bisnis yang tepat agar layanan tersebut dapat menghasilkan uang. Mereka akan bereksperimen agar pengguna dapat mendengarkan musik di layanan Snapchat, serta menawarkan pembelian konten dalam aplikasi (in-app-purchase).

Snapchat telah mendapat investasi dari perusahaan pemodal Benchmark Capital dan Lightspeed Venture Partners. Pada Juni 2013, mereka mendapat investasi putaran berikutnya dari Institutional Venture Partners dengan partisipasi dari General Catalyst Partners dan SV Angel. Kini, Snapchat bernilai 75 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AllThingsD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com