Kompas.com - 05/12/2013, 17:08 WIB
Ilustrasi SlashGearIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Pengguna gadget pasti pernah mengalami kabel colokan micro/mini USB yang tak bisa ditancapkan karena orientasinya terbalik. Setelah diputar kepalanya, barulah konektor kabel yang bersangkutan mau terpasang.

Nah, masalah semacam ini tak akan ditemui lagi pada revisi konektor USB berikutnya, yang disebut dengan "Type-C". Seperti konektor Lightning besutan Apple, konektor USB ini bisa bebas ditancapkan secara "bolak-balik" tanpa harus mengikuti orientasi tertentu.

Dikutip dari The Verge, Kamis (5/12/2013), Type C merupakan tambahan dari spesifikasi USB 3.1 yang rencananya akan difinalisasi pada pertengahan 2014. Gambar konektornya belum ada, tapi ukurannya disebutkan akan mirip dengan USB Micro-B.

Selain lebih mudah dipakai, USB Type-C juga memiliki manfaat lain. "Konektor Type-C bakal memungkinkan terciptanya perangkat-perangkat yang lebih tipis, mulai dari ponsel, tablet, 2-in-1, laptop, hinga desktop," ujar Wakil Presiden Grup Platform Engineering Intel. Alex Peleg, dalam keterangan tertulis dari USB 3.0 Promoter Group.

Peleg turut menambahkan bahwa USB Type C ini dicanangkan bakal menjadi satu-satunya tipe konektor yang dibutuhkan untuk semua jenis perangkat.

Sebagai standar baru, konektor USB baru ini tidak kompetibel dengan port USB lama. USB 3.0 Promoter Group juga perlu menyiapkan spesifikasi adapter dan kabel agar charger USB yang beredar sekarang tetap bisa dipakai dengan USB Type C.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.