Lenovo Kuasai 10 Persen Pasar "Smartphone" Indonesia

Kompas.com - 05/12/2013, 17:28 WIB
Eksekutif Lenovo dan Trikomsel berfoto dalam acara peluncuran smartphone Lenovo di Jakarta, Selasa (25/6/2013) oik yusuf/ kompas.comEksekutif Lenovo dan Trikomsel berfoto dalam acara peluncuran smartphone Lenovo di Jakarta, Selasa (25/6/2013)
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan teknologi Lenovo terbilang belum lama serius bermain di pasar ponsel pintar Android. Strategi memborbardir pasar dengan produk bervariatif dan harga terjangkau membuahkan hasil manis dalam meningkatkan pangsa pasar.

Chief Operational Officer Lenovo Indonesia, Sandy Lumi mengutip data IDC yang menyebutkan bahwa Lenovo menguasai sekitar 10 persen pangsa pasar ponsel pintar di Indonesia pada kuartal ketiga 2013. Hal ini membawa Lenovo di peringkat empat produsen dengan pengiriman smartphone terbesar di Indonesia.

Dalam bisnis smartphone, Lenovo membanjiri pasar dengan banyak produk untuk menutupi kesenjangan harga. “Kami cukup puas dengan sambutan pasar atas produk ponsel Lenovo,” kata Sandy di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Produsen asal China ini tidak puas bermain di pasar bawah hingga menengah. Mereka telah memperkenalkan Vibe X yang termasuk dalam portofolio ponsel premium. Perangkat ini diharapkan masuk Indonesia pada Desember 2013.

Sementara itu, untuk pasar tablet, masih mengutip data IDC, Lenovo menguasai sekitar 5,9 persen pangsa pasar tablet di Indonesia pada kuartal ketiga 2013. Sandy mengatakan, tablet terlaris masih dikuasai oleh perangkat berukuran 7 inci.

Lenovo berharap dapat meningkatkan pangsa pasar smartphone dan tabletnya dengan melakukan pemasaran, memperluas saluran distribusi, hingga menambah pusat layanan purna jual.

Lenovo saat ini menjadi produsen komputer pribadi terbesar di dunia, menurut data lembaga riset IDC dan Gartner. Perusahaan menerapkan strategi yang dinamakan PC Plus, yakni mereka memperkuat lini produk ponsel dan tablet sebagai pelengkap komputer pribadi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.