Kompas.com - 09/12/2013, 11:10 WIB
Motorola Ara MotorolaMotorola Ara
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Motorola Mobility pada Oktober 2013 membuka proyek yang memungkinkan sejumlah komponen perangkat keras dalam sebuah ponsel pintar dapat diganti sesuai keinginan pengguna.

Perusahaan milik Google tersebut berharap proyek tersebut dapat menjadi tren sehingga sebuah ponsel dapat dirakit bak komputer pribadi (personal computer/PC).

Proyek ambisius itu diberi nama Project Ara. CEO Motorola Mobility Dennis Woodside berpendapat, hal itu adalah bagian dari rencana perusahaan agar konsumen lebih terlibat dalam pembangunan sebuah ponsel pintar.

“Moto Maker (perakit ponsel pintar-red) adalah awal dari cerita jangka panjang yang menarik. Project Ara telah keluar. Anda bisa melihat bagaimana kedua hal tersebut saling mengikat, dan bagaimana kami memperkenalkan material baru kepada Moto Maker yang akan mengejar sesuatu melintasi lini produk kami di masa depan,” kata Woodside dalam video wawancara dengan Marques Brownlee yang diunggah ke YouTube.

Motorola Komponen-komponen perangkat keras untuk ponsel pintar dalam Project Ara
Salah satu misi Project Ara adalah membuat ponsel dengan komponen terbaik dengan biaya rendah. Motorola menjanjikan komponen dengan material bervariasi, termasuk kayu. Tujuan utamanya adalah memungkinkan konsumen untuk dapat menyesuaikan komponen dalam Project Ara.

“Di situlah garis antara Ara dan apa yang kita lakukan dengan Moto Maker mungkin bertemu. Tapi itu akan memakan waktu,” jelasnya.

Namun, Woodside tidak menjelaskan secara rinci lini produk atau komponen apa saja yang akan dikeluarkan dalam Project Ara di masa depan. Ia hanya mengatakan, “mungkin” ada rilis baru setiap tahun. "Kita akan melihatnya di masa depan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu kekhawatiran dalam Project Ara adalah menyesuaikan perangkat keras dengan perangkat lunak agar kinerjanya optimal. Ada pula kekhawatiran komponen perangkat keras akan ketinggalan mengingat pertumbuhan perangkat lunak yang begitu cepat, terutama Android.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.