Kompas.com - 09/12/2013, 14:12 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi, Microsoft kepincut kepada Allan Mulally untuk mengisi peran Chief Executive Officer (CEO), yang akan segera ditinggalkan Steve Ballmer. Sayangnya, keinginan Microsoft untuk menggaet CEO Ford tersebut tampaknya tidak akan tercapai.

Dalam sebuah kesempatan, Edsel Ford II, Direktur Ford, mengungkapkan bahwa Mulally akan tetap bertahan di perusahaan otomotif tersebut di sepanjang tahun 2014 mendatang.

"Sebetulnya, ia (Mulally) telah mengatakan rencananya kepada kami untuk tetap tinggal bersama Ford hingga akhir tahun 2014," kata Edsel.

Mulally sendiri sudah memberi tanggapannya terhadap pernyataan Edsel. Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, meskipun tidak secara eksplisit, Mulally menyatakan tetap memilih untuk bertahan di perusahaan yang didirikan oleh Henry Ford tersebut.

"Saya sangat senang melayani Ford. Tidak ada perubahan rencana (untuk meninggalkan Ford)," tutur Mulally.

Beberapa waktu lalu, menurut beberapa sumber, ada dua calon kuat yang telah dipersiapkan oleh dewan direksi Microsoft untuk menggantikan posisi Steve Ballmer. Dua calon tersebut adalah Alan Mulally yang saat ini menjabat CEO Ford Motor dan Satya Nadella yang kini bekerja sebagai Wakil Presiden Eksekutif untuk Produk Komputasi Awan dan Perusahaan di Microsoft.

Sementara itu, dua calon lain yang sebelumnya dijagokan, dianggap kurang cocok untuk memimpin Microsoft. Keduanya berasal dari dalam perusahaan Microsoft, yaitu Kepala Pengembangan Bisnis Microsoft, Tony Bates dan mantan CEO Nokia, Stephen Elop.

Pada Agustus 2013, CEO Microsoft Steve Ballmer mengumumkan keinginannya untuk pensiun. Perusahaan ini sedang menghadapi fakta bahwa penjualan perangkat lunaknya sedang menurun, di tengah menyusutnya penjualan komputer pribadi yang mulai tergerus oleh perangkat tablet.

Pada pertengahan November 2013, dewan direksi Microsoft menggelar pertemuan untuk mencari CEO baru. Pertemuan itu juga dihadiri pendiri Microsoft, Bill Gates.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.