Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Ford Tolak Microsoft

Kompas.com - 09/12/2013, 14:12 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi, Microsoft kepincut kepada Allan Mulally untuk mengisi peran Chief Executive Officer (CEO), yang akan segera ditinggalkan Steve Ballmer. Sayangnya, keinginan Microsoft untuk menggaet CEO Ford tersebut tampaknya tidak akan tercapai.

Dalam sebuah kesempatan, Edsel Ford II, Direktur Ford, mengungkapkan bahwa Mulally akan tetap bertahan di perusahaan otomotif tersebut di sepanjang tahun 2014 mendatang.

"Sebetulnya, ia (Mulally) telah mengatakan rencananya kepada kami untuk tetap tinggal bersama Ford hingga akhir tahun 2014," kata Edsel.

Mulally sendiri sudah memberi tanggapannya terhadap pernyataan Edsel. Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, meskipun tidak secara eksplisit, Mulally menyatakan tetap memilih untuk bertahan di perusahaan yang didirikan oleh Henry Ford tersebut.

"Saya sangat senang melayani Ford. Tidak ada perubahan rencana (untuk meninggalkan Ford)," tutur Mulally.

Beberapa waktu lalu, menurut beberapa sumber, ada dua calon kuat yang telah dipersiapkan oleh dewan direksi Microsoft untuk menggantikan posisi Steve Ballmer. Dua calon tersebut adalah Alan Mulally yang saat ini menjabat CEO Ford Motor dan Satya Nadella yang kini bekerja sebagai Wakil Presiden Eksekutif untuk Produk Komputasi Awan dan Perusahaan di Microsoft.

Sementara itu, dua calon lain yang sebelumnya dijagokan, dianggap kurang cocok untuk memimpin Microsoft. Keduanya berasal dari dalam perusahaan Microsoft, yaitu Kepala Pengembangan Bisnis Microsoft, Tony Bates dan mantan CEO Nokia, Stephen Elop.

Pada Agustus 2013, CEO Microsoft Steve Ballmer mengumumkan keinginannya untuk pensiun. Perusahaan ini sedang menghadapi fakta bahwa penjualan perangkat lunaknya sedang menurun, di tengah menyusutnya penjualan komputer pribadi yang mulai tergerus oleh perangkat tablet.

Pada pertengahan November 2013, dewan direksi Microsoft menggelar pertemuan untuk mencari CEO baru. Pertemuan itu juga dihadiri pendiri Microsoft, Bill Gates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com