Tombol Start Windows Diyakini Akan Kembali

Kompas.com - 10/12/2013, 08:44 WIB
Tombol Start dalam iklan Windows 8.1 Microsoft/ YouTubeTombol Start dalam iklan Windows 8.1
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Banyak yang kecewa dengan sistem operasi Microsoft Windows 8. Salah satu kekecewaan tersebut adalah hilangnya tombol Start Menu yang telah melegenda.

Microsoft mencoba mengobati kekecewaan fans Windows dengan update Windows 8.1. Tombol Start Menu memang dihadirkan kembali, namun fungsinya tidak seperti tombol Start Menu seperti biasanya.

Kini, Microsoft sedang berencana mengembalikan tombol Start Menu di sistem operasi WIndows yang akan dibuat selanjutnya. Dalam situs winsupersite.com (9/12/2013), pengamat Microsoft, Paul Thurrot mengatakan bahwa Microsoft sedang mempersiapkan Windows 8.x yang akan menyatukan pengalaman pengguna di perangkat Windows 8.x, Windows Phone, dan Xbox.

Ide dibalik penyatuan ini adalah, dengan memiliki satu akar Windows yang sama, tak peduli  perangkatnya, maka pengembang bisa membuat aplikasi dan menyebarkannya secara luas.

Proyek yang disebut dengan Windows "Treshold" ini akan dirilis dalam tiga versi, yaitu OS yang fokus ke konsumer, mirip dengan Windows RT saat ini, OS yang fokus ke konsumer tradisional berbasis codebase x86 dan Enterprise.

Treshold yang disebut-sebut sebagai "The next generation of Windows" ini memiliki dua perubahan yang cukup signifikan. Pertama, pengguna bisa menjalankan Metro apps secara opsional di floating windows di desktop.

Dan yang kedua, Microsoft akan mengembalikan Start Menu kembali tersedia sebagai pilihan. Kemungkinan fitur ini hanya akan ada di produk Windows yang mendukung desktop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.