Samsung Mau Tiru Fitur Sidik Jari iPhone 5S?

Kompas.com - 10/12/2013, 10:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Hardware pemindai sidik jari di balik tombol Home milik iPhone 5S

KOMPAS.com - Smartphone andalan berikutnya dari Samsung, Galaxy S5, kemungkinan besar akan mengusung teknologi pemindai sidik jari ala TouchID di iPhone 5S.

Hal tersebut dikonfirmasi secara tidak langsung oleh Johan Carlstrom, CEO Fingerprint Cards, spesialis fingerprint scanner asal Swedia yang mengungkapkan bahwa teknologi perusahaannya bakal dipakai di sejumlah merek smartphone ternama, termasuk Samsung.

Carlstrom mengatakan, tahun depan Samsung diprediksi akan merilis satu atau dua smartphone yang dibekali sensor sidik jari Fingerprint Cards. Nama produsen lain yang juga dia sebut adalah LG Electronics dan Huawei.

"Saya pikir setidaknya ada tujuh atau delapan smartphone dengan sensor sidik jari yang akan diluncurkan pada 2014," ujar Carlstrom, sebagaimana dikutip oleh Reuters.

Carlstrom menjelaskan pihaknya berharap bisa mengikat kontrak dengan para produsen gadget setelah mengumumkan ketersediaan sensor sidik jari untuk ponsel dan tablet Android serta Windows.

Fingerprint adalah satu dari sejumlah perusahaan spesialis sensor sidik jari yang ada di seluruh dunia. Perusahaan saingannya, AuthenTec, telah diakuisisi oleh Apple.

Sebelumnya, Fingerprint telah memasok teknologi scanner sidik cari berbasis "swipe" pada Fujitsu, Pantech, dan Konka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.