Satelit "Berotak" Ponsel Android Sukses Kirim Data

Kompas.com - 10/12/2013, 10:20 WIB
PhoneSat 2.4, satelit yang terbuat dari komponen Samsung Galaxy Nexus S. NASAPhoneSat 2.4, satelit yang terbuat dari komponen Samsung Galaxy Nexus S.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan satelit berukuran kecil yang diberi nama PhoneSat versi 2.4 pada 19 November 2013. Setelah mengangkasa, satelit yang terbuat dari komponen ponsel Samsung Galaxy Nexus S itu berhasil menghubungi bumi pada 4 Desember lalu.

Satelit itu dikembangkan di Ames Research Center NASA di Moffett Field, California, AS. Satelit berbentuk kubus itu memiliki bobot 1 kilogram. Dalam PhoneSat 2.4, Nexus S yang berjalan dengan sistem operasi Android berperan sebagai otak satelit.

Menurut laporan di situs web NASA, PhoneSat berhasil mengirim data. Berarti, hal ini mengonfirmasi kelayakan sistem penggunaan ponsel pintar dan perangkat elektronik komersial lainnya dapat digunakan pada satelit yang mengangkasa di orbit rendah dari bumi.

PhoneSat ini menggunakan komponen radio dua arah S-band, yang memungkinkan para insinyur memerintahkan satelit dari bumi.

"Ini bagus untuk mendengarkan laporan pesawat ruang angkasa NASA dari satelit kecil terbaru itu," kata Michael Gazarik, Associate Administrator for Space Technology NASA.

Tujuan NASA dalam proyek PhoneSat adalah membuat satelit dengan harga terjangkau, menggunakan komponen perangkat elektronik konsumen.

NASA sebelumnya meluncurkan PhoneSat generasi pertama pada April 2013. PhoneSat versi 2.5 dijadwalkan meluncur pada Februari 2014 dan akan terus menguji sistem komunikasi radio dua arah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.