Kompas.com - 10/12/2013, 10:51 WIB
Prosesor seri Snapdragon buatan Qualcomm Aditya Panji/KompasTeknoProsesor seri Snapdragon buatan Qualcomm
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Apple membuka tren penggunaan prosesor format 64-bit di perangkat ponsel dan tablet. Perusahaan pembuat prosesor lainnya juga menyatakan niatnya mendukung format 64-bit di perangkat mobile, termasuk Qualcomm.

Qualcomm yang berbasis di San Diego, California, AS, menyatakan bakal membuat prosesor 64-bit untuk perangkat mobile. Seorang direktur senior Qualcomm, Michelle Leyden Li, mengatakan, teknologi 64-bit akan menjadi standar di seluruh produk Qualcomm.

"Kami melihat transisi ini sedang terjadi dan kami ingin berada di sana untuk membantu mengaktifkan ekosistem," kata Li seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/12/2013).

Hal itu mulai diimplementasikan Qualcomm pada tipe prosesor Snapdragon 410 yang tergolong kelas menengah tetapi memiliki fitur premium, termasuk dukungan konektivitas 4G LTE. Prosesor Snapdragon 410 ditargetkan rilis pada paruh kedua 2014 dan disematkan pada ponsel di kisaran harga 150 dollar AS.

Selama ini, ponsel pintar dan tablet memanfaatkan prosesor 32-bit. Pada September 2013, Apple menjadi perusahaan pertama yang memanfaatkan format 64-bit di prosesor Apple A7 pada ponsel iPhone 5S. Apple menggunakan desain arsitektur ARM untuk prosesor tersebut.

Munculnya ponsel pintar dan tablet yang menggunakan spesifikasi komponen tingkat tinggi menandakan adanya peningkatan kebutuhan konsumen terhadap kinerja perangkat mobile. Mereka membutuhkan perangkat berukuran kecil dan ringan yang dapat melakukan beragam aktivitas (multi-tasking).

Samsung juga menyatakan rencana membuat format 64-bit pada prosesor jenis delapan inti (octa-core).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Intel juga mengumumkan bakal membuat prosesor untuk perangkat mobile dengan format 64-bit, tetapi dibangun dengan arsitektur x86, bukan ARM yang selama ini lebih populer dalam ekosistem perangkat mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.