10 Topik Terpopuler di Facebook Sepanjang 2013

Kompas.com - 10/12/2013, 15:27 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sebagai media sosial, Facebook tidak hanya digunakan untuk berbagi pengalaman pribadi pengguna, tetapi juga tempat berdiskusi tentang peristiwa penting di dunia.

Perbincangan yang terjadi memberi gambaran unik atas apa yang menjadi perhatian publik global. Untuk mengetahui hal tersebut, pada Senin (9/12/2013), perusahaan jejaring sosial Facebook telah merilis data tentang topik apa saja yang paling banyak diperbincangkan di seluruh dunia sepanjang 2013.

Ternyata, Paus Fransiskus menjadi topik yang paling banyak diperbincangkan penduduk dunia di Facebook. Ia mulai memimpin Gereja Katolik Roma pada 13 Maret 2013, menggantikan Paus Benediktus XVI.

Pengguna Facebook di seluruh dunia juga banyak membicarakan tentang pemilihan umum di berbagai negara, bayi Kerajaan Inggris, lalu diikuti bencana topan Haiyan di Filipina.

Kematian mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, juga mendapat perhatian pengguna Facebook, sama halnya dengan diskusi tentang penyanyi sekaligus aktris Miley Cyrus, fenomena dansa Harlem Shake, peristiwa bom Boston Marathon, dan lomba balap sepeda Tour de France.

Kematian tokoh anti-apartheid, Nelson Mandela, pada 5 Desember 2013, juga langsung masuk peringkat 10 topik yang paling banyak diperbincangkan di Facebook. Hingga tanggal 6 Desember 2013, ada 115 juta perbincangan tentang Mandela di Facebook.

Berikut 10 topik yang paling banyak dibicarakan pengguna Facebook secara global.

1. Paus Fransiskus
2 . Pemilihan umum (election)
3 . Bayi Kerajaan Inggris
4 . Topan
5 . Margaret Thatcher
6 . Harlem Shake
7 . Miley Cyrus
8 . Boston Marathon
9 . Tour de France
10 . Nelson Mandela

Di negara tertentu, topik yang paling sering dibicarakan berbeda-beda. Di Spanyol, misalnya, topik yang paling banyak dibahas adalah Real Madrid.

Sementara di Inggris, topik yang paling banyak dibahas adalah Andy Murray, sedangkan di Amerika Serikat adalah Super Bowl, dan di Singapura mengenai ajang balap F1.

Sementara itu, tempat yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna Facebook dari seluruh dunia, posisi pertama ditempati oleh Disneyland di Amerika Serikat.

Beberapa tempat di Indonesia juga masuk dalam peringkat lokasi yang dibahas pengguna Facebook di seluruh dunia.

Tempat-tempat ini antara lain, Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali (yang berada di peringkat 373), Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng (474), Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta (839), dan Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta (936).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.