Kompas.com - 11/12/2013, 09:16 WIB
Nokia EvleaksNokia "Normandy"
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Perlahan tetapi pasti, informasi perihal ponsel misterius Nokia "Normandy" mulai bermunculan. Salah satu informasi terbaru, yang akan membuat dunia teknologi heboh, adalah kemungkinan penggunaan sistem operasi buatan Google, Android, di perangkat itu.

Informasi penggunaan Android di ponsel Normandy didapatkan oleh situs teknologi The Verge dari beberapa sumber yang mengetahui rencana perusahaan asal Finlandia tersebut.

Menurut prediksi dari The Verge, kemungkinan ponsel Nokia tersebut tidak akan menggunakan versi Android yang sama dengan milik Google.

Nokia lebih memilih untuk menggunakan Android yang telah dimodifikasi. Tujuannya ialah agar Nokia dapat menyesuaikan sepenuhnya penggunaan Android di perangkat besutan mereka.

Jika prediksi tersebut benar, Nokia akan mengikuti jejak Amazon yang telah terlebih dulu mempersenjatai produknya, tablet Kindle Fire, dengan Android termodifikasi.

Meski menggunakan versi Android yang berbeda, Nokia Normandy tetap akan mendukung aplikasi populer Android, seperti Skype dan juga aplikasi top lainnya.

Masih menurut The Verge, para konsumen tampaknya tidak akan melihat Android di perangkat high-end Nokia. Perusahaan ini masih akan mengandalkan Windows Phone untuk produk-produk kelas atasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nokia diyakini akan menggunakan Android di perangkat kelas bawahnya, kemungkinan di lini produk Asha. Penggunaan Android ini diharapkan penjualan produk Asha akan semakin meroket.

Belum jelas apakah Nokia akan merilis Normandy sebelum persetujuan akuisisi dengan Microsoft selesai atau Microsoft akan terus membiarkan rencana Nokia untuk mengembangkan ponsel berbasis Nokia.

Para karyawan Nokia yang mengembangkan Normandy sendiri memberi bocoran bahwa perangkat ini direncanakan untuk dirilis pada tahun 2014 mendatang.

Sebelumnya, bocoran informasi mengenai Normandy untuk pertama kalinya muncul dari akun Twitter @evleaks. Akun tersebut terkenal karena selalu membocorkan bentuk sebuah perangkat, bahkan sebelum resmi diumumkan oleh vendor.

Saat itu, evleaks memperlihatkan desain Normandy, yang memiliki bentuk tidak jauh berbeda dari seri Lumia. Namun, tombol Home atau back dari perangkat ini memiliki kemiripan dengan model Asha terbaru (500, 501, 502, dan 503).

Evleaks sendiri menyebutkan bahwa Normandy adalah "missing link" dari semua perangkat Nokia yang ada saat ini. Evleaks sendiri tidak menyebutkan maksud dari pernyataannya tersebut.

Berdasarkan perkataan "missing link" tersebut, KompasTekno sempat memberi prediksi bahwa Normandy adalah produk Nokia Android.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.