Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kini Gencar Serang Chromebook, Ada Apa?

Kompas.com - 11/12/2013, 10:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft sedang gencar-gencarnya menyerang sistem operasi Google untuk laptop, Chromebook. Dalam video iklan tersebut Microsoft berupaya mati-matian untuk meyakinkan konsumen bahwa sistem operasi Windows lebih baik.

Video tersebut menceritakan salah satu Microsoft Evangelist, Ben Rudolph yang berjalan-jalan dan mengajak orang berbincang tentang aplikasi yang mereka biasa gunakan sehari-hari.

Tujuannya jelas, Microsoft ingin menunjukkan bahwa Chromebook tidak bisa digunakan untuk menjalankan program seperti Photoshop, Illustrator, atau keseluruhan Microsoft Office.

Sebelumnya, Microsoft juga menampilkan iklan dimana seorang wanita tua rela menjual Chromebook miliknya demi sebuah tiket berkunjung ke Hollywood.

Hal tersebut membuat orang bertanya-tanya, mengapa Microsoft sampai berupaya sedemikian keras "mengedukasi" konsumen untuk tidak menggunakan Chromebook? Sebesar apakah ancamannya?

Chromebook diluncurkan Google sekitar dua tahun lalu. Saat itu, Microsoft masih mengabaikan ancaman OS Google ini. Dan kini, di tahun 2013, Google meluncurkan beberapa laptop Chromebook yang berhasil menarik minat pengguna PC Windows. Laptop Chromebook tersebut dijual lebih murah, seperti Acer C720 seharga 199 dollar AS dan HP Chromebook 11 seharga 279 dollar AS.

Kini Microsoft sudah menganggap perang melawan Chromebook layaknya perang terhadap Mac, sistem operasi milik Apple. Bedanya, kini Microsoft melawan ancaman yang belum sangat berbahaya, karena seperti dikutip dari The Verge,  Rabu (11/12/2013), penjualan Chromebook yang masih 25 persen di pasar domestik AS untuk laptop di bawah 300 dollar. Pasar tersebut juga bakal digantikan oleh tablet.

Sementara data lain yang dtunjukkan IDC, Samsung mengapalkan 652.000 unit Chromebook di selurh dunia pada kuartal tiga 2013. "Vendor lain juga membuat (Chromebook), seperti Lenovo, Acer, dan HP, namun volumenya masih sangat kecil," terang Senior Research Analis IDC, Rajani Singh. IDC meramalkan OS Chrome akan mencapai 3 juta unit tahun ini, yaitu 1 persen dari total penjualan PC.

Mungkin yang membuat Microsoft gusar adalah dominasi Chromebook di daftar Amazon best seller di AS, walau tidak menunjukkan angkanya. Karena itu masih susah menilai kesuksesan Google dengan Chromebook-nya.

Sementara itu, analis dari Moor Insight and Strategy, Patrick Moorhead mengatakan, "Microsoft saat ini sedang lesu dalam penjualan di pasar mobile, jadi mereka berusaha keras mempromosikan laptopnya, dan melakukannya dengan cara yang keras."

Namun Moorhead juga memperingatkan bahwa dengan berkampanye di media, maka Microsoft justru malah bisa membantu mempopulerkan Chromebook ke pengguna biasa, selain pengguna yang sudah melek teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com