Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Kirim Foto via DM, Twitter Incar Snapchat

Kompas.com - 12/12/2013, 09:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Wired

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan versi terbaru aplikasinya di platform iOS dan Android pada Selasa (10/11/2013). Beberapa peningkatan fitur yang layak dicermati adalah kemampuan beralih antar timeline serta berkirim foto melalui Direct Message (DM).

Sebelumnya, jika kita ingin mengupload foto yang ditujukan untuk seseorang, maka foto tersebut akan ditampilkan di timeline dan semua kontak kita bisa melihatnya. Kini pengguna bisa berbagi foto lebih privat lagi melalui jalur khusus.

Update yang dilakukan Twitter ini bisa jadi bertujuan untuk menyaingi Snapchat. Snapchat lebih dulu memiliki fitur berkirim foto secara pribadi. Bedanya, tak seperti Snapchat, foto yang dikirim melalui DM Twitter tidak akan hilang (expire) dalam waktu tertentu.

Langkah ini juga disinyalir menjadi usaha Twitter untuk memperkenalkan layanan messaging, demikian dikutip dari Wired (10/12/2013). Kemampuan berkirim foto dengan tombol Message khusus seperti menandakan Twitter siap terjun di persaingan messaging.

Momen yang diambil Twitter dalam memperkenalkan layanan barunya ini juga lebih cepat ketimbang rencana Instagram memperkenalkan fitur private messaging-nya. Dengan fitur baru ini, seolah Twitter juga ingin mengincar layanan populer lain seperti WhatsApp.

Sebelumnya, CEO Twitter, Dick Costolo sempat mengatakan bahwa private messaging sangat penting bagi Twitter. "Saya rasa private messaging adalah komponen penting di tengah-tengah percakapan real time dalam Twitter," ujar Costolo.

Maraknya layanan messaging ini membuat operator seluler bangkrut. Di Amerika Serikat sendiri, operator rugi puluhan miliar dollar per tahun karena pengguna banyak yang beralih dari SMS ke layanan seperti WhatsApp, Kik, Line, dan WeChat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com