Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Kacamata "Virtual Reality"

Kompas.com - 13/12/2013, 09:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar
Perangkat headset dalam dokumen paten Apple

KOMPAS.com - CEO Apple Tim Cook pernah berujar bahwa kacamata pintar Google Glass bukanlah produk yang cocok untuk pasaran umum. Namun, itu ternyata tak menghalangi perusahaannya untuk mematenkan desain "wearable device" yang dipakai di kepala.

TechRadar melaporkan bahwa perusahaan berlambang buah ini telah memperoleh hak paten atas sebuah "Head-mounted display" dari Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Perangkat rancangan Apple ini dideskripsikan sebagai headset 3D yang bisa dipakai untuk menonton konten visual. Dokumen Apple menyebut bahwa bentuknya akan "mirip seperti kacamata ski atau sepeda motor".

Dibandingkan Google Glass, perangkat Apple tersebut lebih mirip dengan headset virtual reality Rift dari Oculus.

Seperti Oculus, headset Apple juga menggunakan komponen lensa yang memproyeksikan konten visual secara langsung ke mata pengguna.

Bedanya, Apple tak terlalu menekankan fungsi game pada headset ini. Dokumen yang bersangkutan hanya sekali menyinggung persoalan game, tetapi hal tersebut juga berarti bahwa Apple tetap membuka pintu bagi konten game untuk ditayangkan melalui kacamata virtualnya.

Menariknya lagi, headset Apple juga berisi teknologi pemrosesan yang mampu menyesuaikan tampilan gambar untuk pengguna yang bermasalah dengan pengelihatan. Artinya, ada kemungkinan bahwa perangkat ini akan turut bisa dipakai oleh orang berkacamata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com