Apple Patenkan Kacamata "Virtual Reality"

Kompas.com - 13/12/2013, 09:21 WIB
Perangkat headset dalam dokumen paten Apple Apple/ USPTOPerangkat headset dalam dokumen paten Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Perangkat headset dalam dokumen paten Apple

KOMPAS.com - CEO Apple Tim Cook pernah berujar bahwa kacamata pintar Google Glass bukanlah produk yang cocok untuk pasaran umum. Namun, itu ternyata tak menghalangi perusahaannya untuk mematenkan desain "wearable device" yang dipakai di kepala.

TechRadar melaporkan bahwa perusahaan berlambang buah ini telah memperoleh hak paten atas sebuah "Head-mounted display" dari Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Perangkat rancangan Apple ini dideskripsikan sebagai headset 3D yang bisa dipakai untuk menonton konten visual. Dokumen Apple menyebut bahwa bentuknya akan "mirip seperti kacamata ski atau sepeda motor".

Dibandingkan Google Glass, perangkat Apple tersebut lebih mirip dengan headset virtual reality Rift dari Oculus.

Seperti Oculus, headset Apple juga menggunakan komponen lensa yang memproyeksikan konten visual secara langsung ke mata pengguna.

Bedanya, Apple tak terlalu menekankan fungsi game pada headset ini. Dokumen yang bersangkutan hanya sekali menyinggung persoalan game, tetapi hal tersebut juga berarti bahwa Apple tetap membuka pintu bagi konten game untuk ditayangkan melalui kacamata virtualnya.

Menariknya lagi, headset Apple juga berisi teknologi pemrosesan yang mampu menyesuaikan tampilan gambar untuk pengguna yang bermasalah dengan pengelihatan. Artinya, ada kemungkinan bahwa perangkat ini akan turut bisa dipakai oleh orang berkacamata.



Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X