Solusi TI Fujitsu Incar Segmen UKM

Kompas.com - 13/12/2013, 09:57 WIB
Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, Achmad S. Sofwan (kanan) AUDY ALWI/ANTARAPresiden Direktur Fujitsu Indonesia, Achmad S. Sofwan (kanan)
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
LOMBOK, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Fujitsu akan memperluas bisnis solusi teknologi informasi (TI). Pada 2014, Fujitsu mengincar segmen pasar usaha kecil menengah ( UKM) di Indonesia.

Fujitsu bakal menyediakan solusi teknologi informasi yang lengkap melalui empat unit bisnisnya di Indonesia, yaitu layanan aplikasi, solusi korporasi; solusi dan layanan infrastruktur; serta layanan manajemen TI. Semua solusi dapat dikustomisasi sesuai keinginan UKM.

Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, Achmad S. Sofwan mengatakan, tren utama dalam industri teknologi informasi masih seputar komputasi awan (cloud), enterprise social, big data, dan konsumerisasi TI.

“Di segmen UKM, penetrasi solusi TI masih sangat rendah karena itu diperlukan edukasi. Sementara TI telah dipandang sebagai motor kemajuan suatu bangsa,” kata Achmad, Kamis (12/12/2013).

Achmad memberi contoh, banyak UKM yang enggan mengadopsi solusi cloud karena meragukan keamanan data yang disimpan. Padahal, lanjut Achmad, teknologi cloud memberi solusi agar UKM tak perlu berinvestasi besar dalam penyediaan perangkat keras serta perawatan kebutuhan TI.

Melihat kenyataan tersebut, Fujitsu coba memperhatikan kebutuhan UKM dengan mengedepankan value for money. “Kami mencoba untuk lebih mengerti UKM," terangnya.

Perusahaan yang mendirikan kantor di Indonesia pada 1995 ini, akan memperluas jaringan distribusi dan reseller. Pusat layanan Fujitsu saat ini ada di 5 kota, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makasar.

Fujitsu mengklaim, mereka menempati peringkat pertama sebagai perusahaan terbesar yang menawarkan solusi TI di Asia. Sementara secara global, Fujitsu merupakan perusahaan menyedia solusi TI keempat terbesar di dunia, setelah IBM, HP, dan Accenture.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X