Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi TI Fujitsu Incar Segmen UKM

Kompas.com - 13/12/2013, 09:57 WIB
Aditya Panji

Penulis

LOMBOK, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Fujitsu akan memperluas bisnis solusi teknologi informasi (TI). Pada 2014, Fujitsu mengincar segmen pasar usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

Fujitsu bakal menyediakan solusi teknologi informasi yang lengkap melalui empat unit bisnisnya di Indonesia, yaitu layanan aplikasi, solusi korporasi; solusi dan layanan infrastruktur; serta layanan manajemen TI. Semua solusi dapat dikustomisasi sesuai keinginan UKM.

Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, Achmad S. Sofwan mengatakan, tren utama dalam industri teknologi informasi masih seputar komputasi awan (cloud), enterprise social, big data, dan konsumerisasi TI.

“Di segmen UKM, penetrasi solusi TI masih sangat rendah karena itu diperlukan edukasi. Sementara TI telah dipandang sebagai motor kemajuan suatu bangsa,” kata Achmad, Kamis (12/12/2013).

Achmad memberi contoh, banyak UKM yang enggan mengadopsi solusi cloud karena meragukan keamanan data yang disimpan. Padahal, lanjut Achmad, teknologi cloud memberi solusi agar UKM tak perlu berinvestasi besar dalam penyediaan perangkat keras serta perawatan kebutuhan TI.

Melihat kenyataan tersebut, Fujitsu coba memperhatikan kebutuhan UKM dengan mengedepankan value for money. “Kami mencoba untuk lebih mengerti UKM," terangnya.

Perusahaan yang mendirikan kantor di Indonesia pada 1995 ini, akan memperluas jaringan distribusi dan reseller. Pusat layanan Fujitsu saat ini ada di 5 kota, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makasar.

Fujitsu mengklaim, mereka menempati peringkat pertama sebagai perusahaan terbesar yang menawarkan solusi TI di Asia. Sementara secara global, Fujitsu merupakan perusahaan menyedia solusi TI keempat terbesar di dunia, setelah IBM, HP, dan Accenture.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com