Saingi Android, Windows Phone Bakal Digratiskan?

Kompas.com - 13/12/2013, 11:07 WIB
Tampilan Windows Phone 8 NokiaTampilan Windows Phone 8
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Salah satu kunci sukses Android adalah sifatnya yang terbuka dan tersedia gratis untuk pembuat perangkat keras. Ini adalah kelebihan besar bagi Android dibandingkan OS Windows Phone yang berbayar.

Namun, Microsoft selaku pemilik Windows Phone agaknya sedang berpikir untuk membanting setir.

Menurut laporan The Verge, Kamis (12/12/2013), Kepala Sistem Operasi Microsoft Terry Myerson sedang menimbang-nimbang untuk menyalurkan sistem operasi mobile buatan perusahaannya secara cuma-cuma. Sistem operasi dimaksud adalah Windows Phone dan Windows RT.

Alasannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mendorong permintan atas OS Microsoft dan menyaingi Android di ranah mobile.

Selama ini, seperti hanya OS Windows di desktop, Microsoft menarik biaya lisensi untuk setiap instalasi Windows Phone dan Windows di gadget buatan para pabrikan perangkat keras.

Di sisi lain, Google tidak memungut bayaran pada produsen gadget yang ingin memakai Android sehingga sistem operasi itu ramai diadopsi oleh berbagai merek smartphone di seluruh penjuru dunia.

Hal tersebut berlawanan dengan keadaan di kubu Micorosoft. Sistem operasi Windows RT, misalnya, ditinggalkan oleh semua partner kecuali Nokia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Windows gratis diharapkan bisa menarik rekanan hardware Microsoft agar memproduksi lebih banyak perangkat, sementara pengembang aplikasi akan tertarik membuat aplikasi untuk platform OS tersebut.

Untuk mengimbangi kehilangan pemasukan dari biaya lisensi ini, Microsoft diperkirakan akan mendorong pendapatan dari aplikasi dan layanan yang ditawarkan, semacam SkyDrive, Office, dan Skype.

Sebelumnya, Microsoft sempat dikabarkan menawari HTC lisensi Windows Phone gratis asalkan mau memasangnya sebagai "alternatif" di ponsel Android bikinan perusahaan itu. Belum jelas apakah produsen gadget tersebut menerima tawaran Microsof atau tidak.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X