Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5S Kalahkan Galaxy S4

Kompas.com - 13/12/2013, 11:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Sebulan setelah peluncuran resminya pada September lalu, angka penjualan global iPhone 5S dilaporkan berhasil melebihi pesaing beratnya, Galaxy S4, dari Samsung.

Temuan tersebut datang dari firma riset pasar Counterpoint yang dikutip oleh Cnet.

Gadget besutan Apple ini pun didapuk menjadi smartphone terpopuler di dunia. Data Counterpoint diperoleh dari survei retailer dan distributor besar di 33 negara.

Dalam laporannya yang dirilis pada Kamis (12/12/2013) kemarin, Counterpoint menjelaskan bahwa iPhone 5S bertahan di urutan teratas meskipun pada awalnya mengalami masalah ketersediaan yang memaksa peminat menunggu lebih lama.

Kini, seiring dengan meningkatnya pasokan, Counterpoint memperkirakan angka permintaan iPhone 5S mengalami peningkatan sepanjang November hingga Desember.

Counterpoint Research
Urutan 10 besar ponsel terpopuler di dunia pada Oktober 2013, menurut data Counterpoint

Dari seluruh wilayah dunia, pangsa pasar iPhone di China terlihat paling mencolok karena mengalami pertumbuhan besar dari 3 persen pada September menjadi 12 persen pada bulan Oktober.

Ponsel andalan Apple terdahulu, iPhone 5, duduk di urutan kedua, sementara Galaxy S4 menyusul di posisi ketiga daftar Counterpoint.

Produsen berlambang buah apel tergigit ini menjadi vendor smartphone terbesar ketiga di Negeri Tirai Bambu. Kesepakatan dengan operator seluler China Mobile diperkirakan bakal lebih jauh mendorong pertumbuhan Apple.

"Dengan adanya China Mobile, tiga operator (China) yang mengusung iPhone 5S akan terlibat 'perang harga' sehingga mendongkrak penjualan perangkat itu," ujar analis Counterpoint Tom Kang. "Ini bisa mengubah Apple jadi pemain smartphone terbesar di China pada Desember atau Januari."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com