Kompas.com - 13/12/2013, 11:39 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sebulan setelah peluncuran resminya pada September lalu, angka penjualan global iPhone 5S dilaporkan berhasil melebihi pesaing beratnya, Galaxy S4, dari Samsung.

Temuan tersebut datang dari firma riset pasar Counterpoint yang dikutip oleh Cnet.

Gadget besutan Apple ini pun didapuk menjadi smartphone terpopuler di dunia. Data Counterpoint diperoleh dari survei retailer dan distributor besar di 33 negara.

Dalam laporannya yang dirilis pada Kamis (12/12/2013) kemarin, Counterpoint menjelaskan bahwa iPhone 5S bertahan di urutan teratas meskipun pada awalnya mengalami masalah ketersediaan yang memaksa peminat menunggu lebih lama.

Kini, seiring dengan meningkatnya pasokan, Counterpoint memperkirakan angka permintaan iPhone 5S mengalami peningkatan sepanjang November hingga Desember.

Counterpoint Research
Urutan 10 besar ponsel terpopuler di dunia pada Oktober 2013, menurut data Counterpoint

Dari seluruh wilayah dunia, pangsa pasar iPhone di China terlihat paling mencolok karena mengalami pertumbuhan besar dari 3 persen pada September menjadi 12 persen pada bulan Oktober.

Ponsel andalan Apple terdahulu, iPhone 5, duduk di urutan kedua, sementara Galaxy S4 menyusul di posisi ketiga daftar Counterpoint.

Produsen berlambang buah apel tergigit ini menjadi vendor smartphone terbesar ketiga di Negeri Tirai Bambu. Kesepakatan dengan operator seluler China Mobile diperkirakan bakal lebih jauh mendorong pertumbuhan Apple.

"Dengan adanya China Mobile, tiga operator (China) yang mengusung iPhone 5S akan terlibat 'perang harga' sehingga mendongkrak penjualan perangkat itu," ujar analis Counterpoint Tom Kang. "Ini bisa mengubah Apple jadi pemain smartphone terbesar di China pada Desember atau Januari."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.