Kompas.com - 13/12/2013, 14:21 WIB
Executive Director SkyStar Ventures, Geraldine Oetama Namira Daufina/KompasTeknoExecutive Director SkyStar Ventures, Geraldine Oetama
|
EditorWicak Hidayat
SERPONG, KOMPAS.com - Pada waktu yang bersamaan dengan peresmian SkyStar Ventures (12/12) di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), turut diumumkan pula tiga startup yang akan menjadi embrio awal inkubator bisnis berbasis teknologi dan internet tersebut.

Tiga startup itu merupakan juara kompetisi ide bisnis 2013 yang dilakukan oleh SkyStar Ventures dan UMN bagi civitas internal UMN.

Juara pertama di tempati oleh cariguru.com, startup yang bertujuan untuk menjembatani kebutuhan antara guru les dengan calon muridnya. Dinyatakan oleh para juri sebagai salah satu ide baru yang belum pernah muncul, cariguru.com menjadi juara dengan hadiah Rp 10.000.000.

Selanjutnya, di posisi kedua adalah inigame dengan hadiah Rp 7.500.000. Portal gamers yang menggabungkan interaksi pada portal (info game), komunitas (sosial media) dan e-commerce (voucher game online).

Dan di posisi ketiga, dengan hadiah Rp 5.000.000, adalah Gading Serpong Spot. Sebuah aplikasi yang mengakomodir kebutuhan informasi terkini dan akurat mengenai kegiatan yang berlangsung di sekitaran Gading Serpong.

"Ketiga pemenang yang nantinya dipilih akan mendapatkan hadiah berupa modal dari SkyStar Ventures untuk menjalankan ide bisnisnya," ujar Executive Director SkyStar Ventures, Geraldine Oetama, saat ditemui di kampus UMN.

Selain itu, lanjutnya, finalis lainnya juga akan menjalani program inkubasi selama 4 bulan. "Bedanya hanya finalis lain tidak mendapat modal awal," tutur Geraldine.

Namira Daufina/KompasTekno
Program inkubasi SkyStar Ventures dibuka di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, pada Kamis (12/12/2013).
Inkubasi Empat Bulan

Program inkubasi SkyStar Ventures terdiri dari event dan workshop, penyediaan workspace dan services, seed funding (modal awal) serta kurikulum sesuai perkembangan ide bisnis.

Setelah menjalani program inkubasi yang berdurasi empat bulan para peserta harus menghasilkan sebuah penyelesaian akhir ide dan prototipe versi beta dari produk mereka. Nantinya hal itu akan menjadi evaluasi bagi SkyStar Ventures untuk pengembangan ke depannya.

Kompetisi ini awalnya menjaring 35 peserta, kemudian dipilih menjadi enam finalis. Keenam finalis melakukan presentasi terbuka di hadapan juri, bersamaan dengan peresmian SkyStar Ventures di UMN.

Panelis juri dalam presentasi terbuka ini terdiri dari Aditya Herlambang, CEO & CTO shophius; Denny Santoso, Founder duniafitness.com; Farina Situmorang, Digital Marketing Strategy Advisor; Andre Handoko, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum & Keuangan; serta Ken Dean, Mantan CEO Kaskus.

Diharapkan ketiga startup ini akan menjadi titik awal berjalannya inkubasi startup oleh SkyStar Ventures. Sebelum nantinya program ini akan dibuka untuk umum, Februari 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.