Kompas.com - 13/12/2013, 14:52 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Layanan e-mail milik Google, Gmail, telah mendapatkan update terbaru. Dalam pembaruan kali ini, Gmail akan menampilkan gambar yang ditaruh di body atau dilampirkan di e-mail.

Sebelumnya, layanan Gmail tidak akan menampilkan gambar yang ada di dalam e-mail. Apabila ingin melihat gambar tersebut, pengguna harus mengklik dulu tautan "Display image below" yang terdapat di bagian atas, dekat informasi pengirim e-mail.

Alasannya cukup sederhana. Menurut Google, mereka ingin melindungi penggunanya dari pengirim surat elektronik misterius yang memanfaatkan gambar untuk menyebarkan malware atau program jahat.

Namun, kini Google telah menemukan sebuah cara untuk melindungi pengguna Gmail dari serangan malware via gambar. Solusi tersebut adalah proxy server.

Menurut Google dalam blog resmi perusahaan, Jumat (13/12/2013), biasanya gambar-gambar tersebut ditaruh di server eksternal. Kini, gambar-gambar tersebut akan diletakkan langsung di server proxy milik Google.

Dalam server itulah, Google memindai gambar dan mencari tahu apakah gambar itu aman dari malware atau tidak.

Bagi pengguna yang tidak ingin menggunakan fitur baru ini, mereka bisa mematikannya dengan mudah. Cukup kunjungi bagian Setting, kemudian di tab General, pilihlah opsi "Ask before displaying external content".

Fitur baru ini sudah mulai tersedia di Gmail versi desktop. Untuk aplikasi di Android dan iOS, fitur tersebut akan dapat digunakan mulai awal 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.