Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Lacak Android Sudah Tersedia di Play Store

Kompas.com - 14/12/2013, 08:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Fitur Android Device Manager memang telah diperkenalkan oleh Google sejak Agustus lalu, namun baru versi web-nya saja. Kini, Google merilis aplikasi Android Device Manager ke Play Store, untuk digunakan di ponsel Android.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak smartphone Android yang hilang. Kemampuan seperti itu mengingatkan kita pada layanan Find My iPhone dari Apple. Fitur tersebut sudah tersedia di iPhone semenjak 2010.

Aplikasi Android Device Manager di Android memiliki antarmuka seperti versi web. Pengguna bisa melacak perangkat Android di peta, melihat terakhir ada di mana, dan kapan digunakan. Google mengklaim aplikasi ini bisa melacak semua perangkat yang memiliki sebuah akun Google.

Selain melacak lokasi, pengguna bisa mengunci layar, mengganti password PIN, atau bahkan menghapus data. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh.

Pengguna sebenarnya juga bisa menggunakan Android Device Manager dengan browser di Android, namun aplikasi yang dirancang khusus ini lebih nyaman digunakan. Antarmukanya bisa menyesuaikan ukuran layar yang dimiliki perangkat.

Terdapat juga dropdown menu untuk berganti akun. Aplikasi juga berjalan lebih cepat dibanding versi web-nya.

Namun, aplikasi tersebut nampaknya kurang sesuai jika digunakan di versi mobile. Menggunakan aplikasi di web akan jauh lebih masuk akal, karena jika kita kehilangan smartphone, maka aplikasi di dalamnya tak bisa digunakan untuk melacak. Kecuali jika pengguna memiliki lebih dari satu smartphone Android atau tablet.

Aplikasi Android Device Manager sudah bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com