Kompas.com - 15/12/2013, 20:01 WIB
Lego Mindstrom EV3 LegoLego Mindstrom EV3
|
EditorAditya Panji
JAKARTA, KOMPAS.com — Mainan dari Lego tak melulu berbentuk balok-balok konstruksi yang disusun untuk membuat sebuah bangunan tertentu. Perusahaan asal Denmark itu juga mengaplikasikan teknologi robotika dalam lini produk Mindstorms.

Inilah yang ditemui KompasTekno ketika mengunjungi toko eksklusif Lego, yang berlokasi di lantai dasar Mal Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Ada sebuah lego Mindstorms EV3.

Mindstroms EV3 merupakan robot Mindstroms generasi ketiga dari Lego yang diluncurkan pada tahun 2013. Menurut penyelia toko, Opik Arifudin, jenis mainan Lego yang satu ini termasuk paling mahal, mencapai Rp 8 juta.

Oik Yusuf/Kompas.com Lego Mindstorm EV3 di toko Lego di Jakarta, lantai dasar Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Lego Mindstorms sendiri dapat dibentuk menjadi lima karakter, yaitu Ev3rstorm, Gripp3r, R3ptar, Spik3r, dan Track3r. Bentuknya beraneka ragam, mulai dari Ev3rstorm yang berbentuk humanoid hingga Spik3r dan R3ptar yang masing-masing terlihat mirip kalajengking dan ular.

Seperti juga mainan Lego lainnya, Mindstorms mengusung konsep modular. Bagian-bagian robot bisa dicopot dan saling dikombinasikan untuk menambah fungsi baru dan membentuk robot sesuai keinginan. Lima nama karakter di atas juga merupakan nama perintah yang dapat dikerjakan si robot canggih ini.

Sebagai penggerak, digunakan motor listrik yang tersambung ke roda sehingga robot Mindstorms bisa bergerak atas perintah pemilik.

Mindstorms EV3, yang mendukung koneksi inframerah, bluetooth, dan Wi-Fi, bisa dikendalikan lewat remote control ataupun perangkat mobile berbasis Apple iOS dan Google Android dengan cara memasang aplikasi Lego Mindstroms Commander.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilik juga dapat mengendalikan robot ini dengan memprogramnya lewat perangkat lunak Mindstorms dari komputer yang dihubungkan ke robot.

Selain Mindstorms, tersedia pula seri Lego Technic yang menampilkan berbagai macam kendaraan dan cara-cara kerjanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.