Pebisnis Lebih Pilih iOS ketimbang Android

Kompas.com - 16/12/2013, 11:07 WIB
Ilustrasi sistem operasi iOS7 AppleIlustrasi sistem operasi iOS7
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perangkat mobile tak hanya menjadi konsumsi pengguna umum, tetapi juga segmen korporat. Banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan perangkat mobile sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bekerja.

Sistem operasi apa yang paling dipakai oleh pengguna dari kalangan bisnis ini?

Untuk saat ini, platform iOS memiliki konsumen terbanyak di segmen usaha kecil menengah (UKM) dan menarik minat perusahaan skala besar. Android berada di posisi kedua, sementara pengguna gadget mobile Microsoft terus tumbuh di segmen korporat.

Hal tersebut terungkap dari riset yang dilakukan firma Intermedia.

Menurut Intermedia, Apple meneruskan dominasinya di pasar perangkat mobile untuk segmen small-medium bisnis (SMB). Selama 10 bulan pertama di tahun 2013, terjadi pengaktifan perangkat Apple sebanyak 190.000 unit.

Sementara itu, Samsung mengekor di belakangnya dengan 29.000 perangkat, diikuti oleh Motorola di urutan ketiga dengan 13.800 ribu perangkat.

Selama periode tersebut, pangsa pasar Apple di segmen SMB mencapai 76 persen. Data tersebut bersumber dari Intermedia yang melayani sekitar 70.000 pemakai jasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara dikutip dari Techcrunch, Senin (16/12/2013), dalam periode yang sama, Microsoft memiliki pangsa pasar yang masih sedikit, tetapi terjadi peningkatan adopsi perangkat mereka sebesar 93 persen dibanding periode yang sama sebelumnya.

Di tengah pengguna SMB, Android belum mampu menyaingi pangsa pasar Apple. Sistem operasi Google tersebut hanya memiliki pangsa pasar 25 persen di segmen korporat.

Di segmen bisnis yang lebih kecil, Android memang berhasil mengalahkan perangkat mobile Windows. Namun, di segmen skala enterprise, Microsoft memiliki momentum yang bisa mengejar Android. Hal ini terjadi karena perusahaan-perusahaan besar lebih membutuhkan perangkat baru yang bisa selaras dengan infrastruktur TI mereka yang sudah ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.