Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bajak "Programmer" Terbaik Microsoft

Kompas.com - 17/12/2013, 12:14 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.comMicrosoft kehilangan salah seorang pengembang aplikasi (developer) terbaiknya, Blaise Aguera Arcas. Selanjutnya, Arcas memilih untuk bekerja di Google.

Arcas bergabung di Microsoft pada 2006, setelah perusahaan software raksasa itu mengakuisisi perusahaan rintisan Seadragon Software milik Arcas. Selama ini ia menjadi programmer yang sangat diandalkan untuk mengembangkan layanan peta digital Bing Maps dan aplikasi olah foto Photosynth milik Microsoft.

The New York Times melaporkan, Arcas bakal bekerja di Google untuk "mengasuh" produk mesin pencari.

Dalam sebuah publikasi di blog pribadi Arcas, ia mengatakan bahwa kepergiannya dari Microsoft adalah “keputusan paling sulit dalam hidupnya.” “Ini sangat menyakitkan untuk meninggalkan begitu banyak proyek indah yang sedang berlangsung, dan meninggalkan sebuah tim yang hebat.”

Kepergian Arcas bisa disebut kerugian bagi Microsoft karena perusahaan sedang fokus mengembangkan unit bisnis perangkat dan layanan.

Kepindahan seorang karyawan Microsoft ke Google terbilang jarang, terutama bagi seorang programmer. Microsoft pernah menggugat Google karena merekrut mantan Wakil Presiden Microsoft, Kai-Fu Lee.

Seorang karyawan Microsoft berkisah kepada The Verge bahwa CEO Microsoft Steve Ballmer pernah melempar kursi di sebuah ruangan ketika mengetahui salah seorang programmer-nya, Mark Lucovsky, memberitahukan bakal pindah ke Google.

“Perang dingin” antara Microsoft dan Google telah terjadi sejak lama. Dalam strategi pemasaran, Microsoft memiliki kampanye bernama "Scroogled" yang kerap mengkritik kebijakan dan produk Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com