Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xperia Z1 dan Z Ultra Kebagian Android 4.3

Kompas.com - 17/12/2013, 16:40 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Setelah lama dinanti, Sony akhirnya merilis update sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean. Hanya, pembaruan sistem operasi ini baru diluncurkan untuk dua seri Xperia saja, yaitu Xperia Z1 dan Z Ultra.

Sekadar informasi, pembaruan sistem operasi Android itu akan berbeda di setiap negara, tergantung pada kebijakan regional dan perusahaan yang membawanya.

Hingga berita ini dinaikkan, menurut pengalaman KompasTekno, update tersebut belum juga hadir di Indonesia.

Dalam update Android 4.3 ini, Sony menghadirkan beberapa peningkatan dan juga fitur-fitur baru. Beberapa di antaranya, Sony memperbarui aplikasi native, seperti Messaging, MyXperia, TrackID, dan Walkman.

Dari segi tampilan, perusahaan asal Jepang ini menghadirkan tampilan antarmuka baru yang dinamakan Xperia Themes di Android 4.3.

Selain itu, Sony meningkatkan fitur solusi enterprise di perangkat ini melalui sebuah fitur yang dinamakan Xperia in Business.

Khusus untuk Xperia Z Ultra, Sony menghadirkan aplikasi kamera Smart Social Camera, aplikasi yang tadinya hanya menghiasi Xperia Z1. Aplikasi tersebut mengizinkan pengguna untuk mengunggah video secara streaming untuk ditonton oleh orang lain melalui situs jejaring Facebook.

Setelah Xperia Z1 dan Z Ultra, apakah Xperia seri lain akan mendapatkan update ini? Dalam blog resminya, Sony Mobile mengungkapkan bahwa Xperia seri tertentu akan mendapatkan update tersebut.

Ponsel-ponsel yang direncanakan untuk kebagian sistem operasi ini adalah Xperia Z, Xperia ZL, Xperia ZR, Xperia Tablet Z, dan Xpera ZR.

Sayangnya, perusahaan asal Jepang itu tidak menyebutkan secara pasti, kapan update Android 4.3 akan hadir di produk-produk tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com