Iri Android, Microsoft "Sogok" Samsung Rp 12 Triliun

Kompas.com - 19/12/2013, 10:18 WIB
Tampilan Windows Phone 8 NokiaTampilan Windows Phone 8
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft memang telah membeli Nokia, namun perusahaan yang bermarkas di Redmond, AS tersebut tak mau menjadi pemain tunggal dalam membuat smartphone Windows Phone. Microsoft ingin sebuah ekosistem yang terdiri atas beberapa vendor pembuat smartphone Windows Phone, seperti Android.

Saat ini, Nokia Lumia menguasai hampir 90 persen ekosistem Windows Phone. Vendor lain yang membuat smartphone ini adalah HTC, Huawei, dan Samsung masih sedikit, karena itu Microsoft merasa khawatir.

Setelah mengakuisisi Nokia, kini Microsoft mencoba memotivasi pabrikan global lain utuk membuat smartphone Windows Phone. Microsoft dikabarkan telah merayu Samsung dengan iming-iming dana yang fantastis.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (19/12/2013), Eldar Murtazin, seorang blogger merangkap analis asal Rusia, menulis tweet yang menyebutkan, Microsoft telah menawarkan dana hingga 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 12 triliun) kepada Samsung agar lebih banyak lagi membuat smartphone Windows Phone.

Akun Eldar Murtazin (@eldarmurtazin) pada 12 Desember 2013 menulis: "Another "good" news from Microsoft - company negotiate with Samsung and offer 1 billion support if vendor will produce Windows Phone devices."

Belum ada konfirmasi resmi baik dari pihak Microsoft maupun Samsung. Namun hal tersebut rasanya masuk akal, karena jika Microsoft ingin tetap berada di persaingan mobile, maka mereka harus mendekati pabrikan besar.

Yang menjadi kendala mungkin adalah bagaimana cara meyakinkan Samsung yang telah meraup untung besar dari smartphone berbasis Android. Selain itu, Samsung juga tengah mengembangkan sistem operasinya sendiri, Tizen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan klarifikasi dari kabar ini akan muncul di ajang CES 2014, di Las Vegas, atau Mobile World Congress di Barcelona.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X