Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Drastis, Gaji CEO HP Tak Lagi 1 Dollar AS

Kompas.com - 19/12/2013, 11:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Pada akhir tahun ini, CEO Hewlett-Packard (HP), Meg Whitman, mendapatkan kenaikan gaji. Kenaikan tersebut didapat Whitman karena dewan perusahaan menganggap Whitman sukses melakukan efisiensi dalam perusahaan.

Selain itu, dikutip dari Cnet, Kamis (19/12/2013), dewan perusahaan ingin agar gaji Whitman setara dengan gaji CEO perusahaan kompetitor lain. Ini disinyalir sebagai cara HP agar Whitman tidak dibajak atau pindah ke perusahaan lain.

Gaji Whitman akan dinaikkan dari hanya 1 dollar AS menjadi 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 18 miliar).

Ya, gaji Whitman sebelumnya memang hanya satu dollar atau sekitar Rp 12.000. Meski demikian, tahun lalu saja, ia mendapat pemasukan dari bonus sebesar 1,7 juta dollar AS dan tambahan saham.

Gaji baru tersebut diterima Whitman efektif sejak 1 November yang lalu.

Alasan lain yang membuat dewan setuju menaikkan gaji Whitman adalah harga saham HP yang terus membaik sepanjang tahun ini.

Karena pengurangan biaya di beberapa unit dan lini produksi yang dilakukan oleh Whitman, keuntungan HP memang menurun, tetapi laba per saham perusahaan ternyata lebih baik dari yang diprediksi sebelumnya.

Whitman pertama kali bergabung dengan HP sejak 2011. Gaji pertamanya saat itu adalah 1 juta dollar AS. Mantan CEO eBay tersebut juga memiliki opsi membeli 1,9 juta saham HP saat harganya meningkat 120 persen dari saat ia bergabung. Whitman juga masih mendapatkan fasilitas bonus-bonus dari perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com