Satu "Charger" Akan Bisa untuk Semua Laptop

Kompas.com - 20/12/2013, 09:38 WIB
Aneka macam charger laptop arstechnica.comAneka macam charger laptop
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Aneka macam charger laptop

KOMPAS.com — Pernah dibuat repot dengan aneka ragam charger (adaptor) laptop yang berbeda-beda untuk tiap merek?

Buat orang yang sering membawa beberapa laptop sekaligus, hal ini bisa memusingkan karena banyaknya jumlah charger yang harus diboyong kala bepergian. Belum lagi kalau rusak, bisa sulit cari penggantinya.

Nah, pada masa depan nanti, semua kerepotan itu mungkin tak akan terjadi lagi karena semua laptop bakal menggunakan standar charger yang sama (universal), mirip dengan smartphone masa kini yang kebanyakan memakai port untuk micro-USB.

Sebagaimana dilaporkan oleh ArsTechnica, spesifikasi charger tersebut sedang disiapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC), lembaga internasional yang bertanggung jawab menetapkan standar dunia atas berbagai peralatan elektronik.

IEC pula yang sebelumnya menerapkan standardisasi charger ponsel universal berbasis micro-USB.

Spesifikasi charger universal notebook tersebut bakal dipublikasikan pada awal 2014. Di dalamnya, IEC mengatur "semua aspek kritis yang berkenaan dengan laptop, seperti jenis konektor, keamanan, kinerja, dan pertimbangan lingkungan".

Dengan diberlakukannya standar baru ini, diharapkan jumlah sampah elektronik akan berkurang. Membeli charger baru untuk laptop juga bakal dibuat lebih mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Standar charger universal semacam ini sebenarnya sudah diterapkan oleh Apple yang memakai charger MagSafe untuk seluruh lini produk laptop MacBook miliknya. Produsen lain seperti HP, Lenovo, dan Acer diperkirakan bakal mengadopsi standar baru dari IEC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.